Berita

Tes Psikologi Pemegang Senjata di Lanud Ngurah Rai

Dibaca: 8 Oleh 23 Mar 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Sebanyak tiga puluh dua anggota Lanud Ngurah Rai mengikuti pemeriksaan psikotes penggunaan senjata api (senpi) yang pelaksanaannya diselenggarakan oleh tim Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau) dari Jakarta. Psikotes dipimpin oleh Mayor Kes Marupa Rumahorbo berlangsung sehari bertempat di ruang serba Guna Mako Lanud Ngurah Rai , Senin (23/3). 

Psikotes dilaksanakan sebagai antisipasi penggunaan senpi di luar prosedur tetap (protab), agar mental anggota yang bersangkutan benar-benar siap dan tidak labil. Adapun personel yang mengikuti tes tersebut mayoritas dari satuan Pom, dan satuan intelejen serta personel bagian senjata. Test psikologi itu sebagai syarat rekomendasi pemegang senjata api (Senpi), yang dilakukan secara periodik dan evaluasi dalam penggunaan senjata api. 

Dengan psikotes ini diharapkan akan dapat menentukan sejauh mana tingkat emosi anggota yang bersangkutan dalam memegang senjata. sehingga dia tidak dengan gampang dan sembarangan dapat menggunakan senjata api tersebut. Karena di tangan yang tidak siap, senjata bisa menimbulkan petaka bagi diri sendiri atau orang lain. 

Baca juga:  Dirjiandik Kodiklatau Laksanakan Evaluasi 10 Komponen Pendidikan Di Lanud Sulaiman

Pemegang senjata harus memiliki kriteria yaitu penyesuaian diri, pengendalian diri, stabilisasi emosi, dan daya tahan stres. Diharapkan dengan kriteria itu, anggota yang memegang senjata api, dapat mengontrol emosinya. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel