Berita

Tes Psikotes Pemegang Senpi Di Lanud Iskandar

Dibaca: 33 Oleh 04 Feb 2016Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pangkalan TNI Angkatan Udara Iskandar melaksanakan Test Psikologi bagi personel yang memegang senjata api (senpi), dalam pelaksanaannya diawasi oleh Mayor Kes Suyoto dari Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau) Mabesau yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (4/02).

Psikotes dilaksanakan sebagai antisipasi penggunaan senpi di luar prosedur tetap (protab), agar mental anggota yang bersangkutan benar-benar siap dan tidak labil. Adapun personel yang mengikuti tes tersebut terdiri dari satuan Polisi Militer (Pomau), Intelejen dan personel persenjataan.

Test psikologi itu sebagai syarat rekomendasi pemegang senjata api yang dilakukan secara periodik dan evaluasi dalam penggunaan senjata api.

Dengan psikotes ini diharapkan akan dapat menentukan sejauh mana tingkat emosi anggota yang bersangkutan dalam memegang senjata. sehingga dia tidak dengan gampang dan sembarangan dapat menggunakan senjata api tersebut, karena di tangan yang tidak siap senjata dapat menimbulkan petaka bagi diri sendiri atau orang lain.

Pemegang senjata harus memiliki kriteria yaitu penyesuaian diri, pengendalian diri, stabilisasi emosi, dan daya tahan stress, dengan kriteria tersebut diharapkan anggota yang memegang senjata dapat mengontrol emosinya.

Baca juga:  DANLANUD ABD TUTUP DAN BUKA PENDIDIKAN TRANSISI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel