Berita

TEST IVA UPAYA PENCEGAHAN DINI

Dibaca: 15 Oleh 21 Nov 2017Tidak ada komentar
TEST IVA UPAYA PENCEGAHAN DINI
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka Indonesia Jaya, Lanud Manuhua menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan tes IVA yang dilaksanakan di RSAU Lanud Manuhua Biak Numfor (20/17). Dalam kegiatan ini  pemeriksaan dilakukan oleh Letda Kes dr. Inggita Sukma Siregar. Pemeriksaan dilakukan terhadap pasien yang terdiri dari guru-guru baik dari tingkat SD SMP maupun SMA se-wilayah Biak.

Menurut dr. Inggita Tes IVA  (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) merupakan pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan pemberian asam asetat. dalam  prakteknya  leher rahim dipulas dengan asam asetat 3-5%, selama 1 menit dan hasilnya dapat langsung diketahui dan disimpulkan saat itu juga.

“Diselenggarakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk deteksi dini terhadap adanya bahaya gejala kanker serviks dan juga guna mengetahui akan kelainan dari mulut rahim pasien sehingga dapat dilakukan pengobatan sedini mungkin, tambah dr Inggita.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Asops Kosekhanudnas Kolonel Pnb I Ketut Adiyasa Ambara Kadisops letkol lek. I. G. Putu Widhiantara Lanud Manuhua, Kadislog Lanud Manuhua Letkol Kal. Agung Purwohadi  serta para Perwira Bintara dan Tamtama di jajaran TNI AU di wilayah Biak Numfor.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas II Terima Kunjungan Taruna AAL

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel