Berita

Test Kesamaptaan Jasmani Semester I Di Wingdikum

Dibaca: 23 Oleh 01 Jun 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Usai pelaksanaan apel pagi, seluruh personel Wingdikum bergerak ke Skadik 503 Wingdikum untuk melaksanakan test kesamaptaan jasmani semester I. Setibanya disana, diadakan check tekanan darah oleh staf Rumkit Lanud Atang Sendjaja yang terlebih dahulu memeriksa personel Skadik 501 Wingdikum dan Skadik 503 Wingdikum. Jumat (29/5).

Menurut salah satu staf Rumkit Lanud Atang Sendjaja pemeriksaan tekanan darah ini sebagai salah satu indikator kesiapan personel yang akan melaksanakan test. Seandainya ditemukan kondisi tekanan darah diatas normal, maka disarankan untuk tidak mengikuti test ataupun tidak memaksakan diri. Karena seperti biasanya, Kasibinjas Wingdikum Mayor Kes Bhakti, M.Or menjelaskan bahwa test samapta A berupa lari dengan jarak sejauh 2400 meter kemudian dilanjutkan dengan samapta B terdiri dari pull up, shit up, push up dan shutle run di depan Skadik 503 Wingdikum.

Lanjut dikatakan untuk mengikuti test ini diharapkan mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing. “Dokter yang terbaik adalah saudara sendiri, sehingga jika dirasa tidak mampu jangan dipaksakan dan segera melapor ke bagian kesehatan. Namun diluar konteks itu, saya mengharapkan kita semua mampu melaksanakannya dengan baik dan benar,” ujarnya saat mengawali pemanasan.

Baca juga:  SMK ANGKASA KUNJUNGI LANUD HUSEIN S.

Tes kesamaptaan jasmani pada dasarnya dilaksanakan setiap semester, bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kemampuan, kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki personel. Selain itu, test kesamaptaan juga digunakan sebagai bahan laporan semester dalam rangka memenuhi persyaratan UKP serta melengkapi berkas bagi anggota yang akan mengikuti pendidikan maupun kursus. “Sehingga test ini wajib dilaksanakan seluruh personel setiap enam bulan sekali,” jelasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel