BeritaBerita UtamaBerita KotamaKoopsau 2Foto

Tetap Jaga Netralitas TNI Pada Pilkada Sesuai Perintah Panglima TNI

Dibaca: 62 Oleh 26 Jun 2018Tidak ada komentar
Tetap Jaga Netralitas TNI Pada Pilkada Sesuai Perintah Panglima TNI
#TNIAU 

TNI AU.  Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2001 tentang TNI. TNI Netral yang berarti tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak. Netralitas TNI berarti TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Jelang pelaksanaan Pilkada serentak di beberapa daerah secara nasional pada 27 Juni besok, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto,SE beserta para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin mengikuti video conference secara langsung dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM. di Ruang Operasi Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (26/6/2018).

Video conference sengaja digelar mengingat antisipasi pengamanan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri, sesuai dengan perintah Panglima TNI untuk mempersiapkan serta mengantisipasi berbagai kemungkinan perkembangan situasi yang akan terjadi.

Terkait dengan hal tersebut, Kasau memberikan beberapa penekanan diantaranya, tetap jaga netralitas TNI dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan Pemilu dan Pilkada, laksanakan perintah Panglima TNI tentang Netralitas TNI, tingkatkan pengawasan perilaku prajurit selama kegiatan Pilkada, tetap antisipasi pada saat situasi kritis terutama saat pemungutan suara, penghitungan serta pengumuman hasil Pilkada, lakukan perbantuan kepada Polri sesuai aturan yang ada, siagakan alutsista pada saat diperlukan untuk bantuan pergerakan pasukan, tindak tegas segala bentuk pelanggaran yang dilakukan prajurit TNI AU dan tidak akan mentolerir apabila terjadi pelanggaran yang menodai netralitas TNI.

Mengakhiri video conference jelang Pilkada 2018 Kasau mengharapkan kepada seluruh Komandan satuan jajarannya untuk segera melaporkan secara berjenjang setiap perkembangan situasi yang terjadi dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak nasional 2018 berjalan dengan aman dan lancar. (penhnd/2018).

Baca juga:  TK Angkasa Lanud Sam Ratulangi Adakan Upacara Penerimaan Murid Baru

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel