Berita

Tetap Pelihara Sikap Mental dan Disiplin

Dibaca: 12 Oleh 07 Mei 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Para dasar yang diikuti siswa kejuruan paskhas ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Hal ini bukan semata-mata sebagai pencapaian kemampuan para dasar bagi para siswa. Akan tetapi, lebih dari itu adalah terbentuknya sikap mental dan disiplin militer yang baik. Sikap mental dan perilaku disiplin yang baik yang memang diperuntukkan bagi prajurit TNI AU, diharapkan akan terus bersemi dalam medan juang komunitas Tentara Nasional Indonesia kapanpun dan dimanapun. (Jum’at,6/5)

Demikian pernyataan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Gutomo, S.I.P saat bertindak selaku inspektur upacara pada pembukaan sekolah para dasar angkatan ke-169 yang dilaksanakan di lapangan upacara staf II Lanud Sulaiman dengan diikuti para peserta upacara yang terdiri dari perwira, bintara, tamtama dan pegawai negeri sipil serta 353 orang siswa para dasar, 40 orang berpangkat bintara dan 213 berpangkat tamtama.

“Disamping itu, melalui pendidikan ini, juga akan memberi warna tersendiri bagi para siswa untuk selalu berkomitmen agar senantiasa menumbuhkembangkan pola pikir, sikap, dan tindakan yang terpadu, sehingga kesadaran akan pentingnya sikap mental dan disiplin yang baik senantiasa terpelihara,” kata Danlanud.

Baca juga:  Danlanud Husein Sastranegara Pimpin Acara Entry Briefing

Disampaikan pula bahwa saat ini TNI Angkatan Udara akan terus melangkah maju dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kesiapan operasionalnya. Setiap langkah maju tersebut, harus pula diikuti dengan peningkatan ketrampilan dan kemampuan para personelnya. Dalam rangka menyonsong tugas itulah, upaya membekali personel TNI AU dengan berbagai pengetahuan dan keahlian, terus kita lakukan. Karenanya, kita semua dituntut untuk mewujudkan postur prajurit TNI yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas, serta memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tujuan pendidikan paradasar pada hakekatnya adalah memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sebagai prajurit peterjun, yang dilandasi dengan jiwa juang pancasila, sapta marga, sumpah prajurit serta memiliki kesemaptaan jasmani dengan katagori baik. “Dengan latar belakang kemahiran dan ketrampilan yang dimiliki, diharapkan dapat mendorong para siswa berdisiplin tinggi, patuh dan taat kepada aturan negara sehingga disiplin nasional akan terwujud. Selain itu, untuk membina kesiapan dan kemampuan tersebut, diperlukan latihan pemantapan yang terus menerus dan berlanjut,” tegas Danlanud.

Baca juga:  Kurve Rutin Warga Lanud Harry Hadisoemantri

Danlanud pun menekankan bahwa hal penting lainnya yang harus siswa perhatikan adalah masalah keselamatan, ketelitian, dan kecermatan. Selain keberanian, juga diperlukan kesiapan mental, kesemaptaan jasmani, dan disipilin latihan yang tinggi. Disiplin dalam latihan inilah yang akan menentukan kunci keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan. Dengan memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dan mengikuti prosedur-prosedur latihan yang telah ditentukan serta kepatuhan kepada instruktur diharapkan mampu memperlancar proses pendidikan.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel