Berita

The Jupiters ikuti Singapore Air Show 2014

Dibaca: 2 Oleh 04 Feb 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE selaku Supervisor the Jupiters memimpin langsung keberangkatan team Aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara The Jupiters Aerobatic Team, Senin (3/2). Duta Bangsa ini bertolak dari home base Lanud Adisutjipto untuk menuju Singapura dalam rangka mengikuti Singapore Air Show 2014, yang akan berlangsung pada tanggal 3 dan 18 Februari 2014 mendatang.

The Jupiters telah mengukir prestasi tidak hanya di Indonesia namun telah memukau di Centervial of RTAF Founding Fathers Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand tahun 2012, selanjutnya bulan Februari 2013 diundang negera Jiran malaysia dalam Langkawi International maritime and Aerospace Exhibition 2013 dan misi terakhir yang telah dilaksanakan adalah di negara Brunei Darusalam dalam rangka mengikuti Bridex 2013 , Brunei Darussalam International Defence Echibition 2013 pada medio Desember 2013.

Tim ini bertolak meninggalkan Home Base dan selanjutnya terbang ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Dilanjutkan menuju Lanud Palembang di Palembang untuk ikut serta memeriahkan kegiatan Gebyar Dirgantara Sriwijaya dengan menampilkan tarian maut di udara. Kegiatan Gebyar Dirgantara dimaksudkan untuk mengembangkan minat dirgantara dan pembinaan Potensi dirgantara (Binpotdirga). Perjalanan akan dilanjutkan esok harinya dari Palembang menuju Bandara Changi Singapura. Tim Aerobatic yang akan beraksi di Bridex 2013 ini melibatkan 8 pesawat, dan 59 crew. Direncanakan Team JAT akan kembali ke Maguwo Yogyakarta (18/2).

Baca juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Yonko 462 Paskhas Laksanakan Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Budayakan Pola Hidup Sehat

Dan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar, SE, menyampaikan bahwa Tim Aerobatik adalah Duta Angkatan Udara Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjukkan tingkat profesionalisme para penerbang TNI AU. Team JAT telah menyiapkan generasi ke tiga ini jauh sebelum tampil perdana saat HUT TNI ke 68 tahun 2013 yang lalu. Masih menurut Danlanud Kesiapan The Jupiters saat ini telah 100 % .

Formasi dari The Jupiters akan dipimpin oleh Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai Flight Leader di Jupiter 1, dimana masing-masing pesawat diawaki oleh Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai Left Wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Ari Susiono sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Marcellinus Dirgantara sebagai Syncro di Jupiter 6.

Mayor Fery Yunaldi selaku Flight Leader The Jupiters menyampaikan dalam pameran ini, The Jupiters Aerobatik Team akan menampilkan 14 manuver akrobatik udara dengan formasi, antara lain, Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, serta diakhiri Loop and Bomburst.

Baca juga:  Jelang Latihan Cakra “A”, Kosekhanudnas I Satukan Persepsi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel