Berita

The Jupiters Kembali ke Home Base

Dibaca: 90 Oleh 19 Mar 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Team aerobatic TNI AU kebanggaan masyarakat Indonesia “The Jupiter Aerobatic Team” kembali ke home base Lanud Adisutjipto Rabu (18/3). Insiden tabrakan dua pesawat saat latihan di Malaysia, menyebabkan rencana aksi tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Malaysia, dibatalkan.

Rombongan Tim yang sebelumnya datang dengan delapan pesawat, kini tersisa enam pesawat. Keenam pesawat beserta pilot sebelumnya mendarat di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Sumatera Utara, dari Lanud Soewondo, menuju Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta dan hari ini tiba di Base Camp-nya Lanud Adisutjipto.

Di Lanud Adisutjipto, Jupiter Aerobatic Team disambut oleh Wadan Kodikau Marsma TNI Asep Adang Supriyadi, Kadislog Lanud Adisutjipto, Kolonel Tek Ir. Suryanto para keluarga dan para Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto. Meskipun aksinya di Langkawi Malaysia tidak dilanjutkan, mereka tetap disambut dengan penuh kegembiraan dan kebanggaan.

Wadan Kodikau Marsma TNI Asep Adang Supriyadi menyatakan The Jupiters tetap akan eksis dan dalam kondisi moril yang tinggi serta akan terus melanjutkan latihan untuk menghadapi event-event berikutnya sebagai wujud eksistensi dan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, pungkasnya.

Baca juga:  KELUARGA BESAR LANUD ASTRA KSETRA LAKSANAKAN HALAL BIHALAL

Para penerbang The Jupiters merupakan para Instruktur Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta, yang berlatar belakang dari penerbang pesawat tempur F-16, F-5, Hawk 100/200, penerbang C-130 hercules dan penerbang helikopter EC-120 Colibri. Para Penerbang Aerobatic ini di Lanud Adisutjipto dipilih dari seleksi yang cukup ketat. Mereka dipilih melalui serangkaian tes, salah satunya psikologi. Sudah banyak makan pengalaman dalam pertujukan aerobatic baik di tingkat nasional atau pun internasional. Mereka selalu latihan, sehingga mereka betul-betul expert di bidang aerobatik,”

Formasi dari The Jupiters dipimpin oleh Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai Leader di Jupiter 1, dimana masing-masing pesawat diawaki oleh Kapten Pnb Idam Satria Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Made Yogi Indra sebagai Left Wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Putu Sucahyadi sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Humaidi Syarief Romas di Jupiter 6. Menggunakan pesawat turboprop engine KT-1B Woong Bee pabrikan Korea Aerospace Industries.

Baca juga:  Kantin “D-21” Lanud Tanjungpinang Di Resmikan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel