Berita

“The Present Generation : A Proof And Achievment” Lanud Halim Perdanakusuma Goes To Bandung

Dibaca: 11 Oleh 24 Mar 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Bertempat di Lantai Dasar Trans Studio Mall (TSM), Bandung, Jawa Barat selama dua hari Sabtu-Minggu (21-22/3), Panitia Pameran Buku “Indonesian Air Force-The Present Generation : A Proof and Achievement”, dariLanud Halim Perdanakusuma, Jakarta bekerjasama dengan Jenda Corp menggelar peluncuran buku dan pameran fotografi mengenai pesawat-pesawat TNI Angkatan Udara terkini. Acara peluncuran buku di Kota Bandung merupakan kedua kalinya setelah sukses menggelar acara serupa di FX Plaza Senayan, Jakarta pada 13-15 Februari 2015 lalu.

Pada hari pertama dilaksanakan talk showmenampilkan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt.Stud., Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Jeff Pranada fotografer profesional.Menurut Danlanud, Indonesia merupakan negara besar dengan wilayah daratan, laut dan udara yang sangat luas, sehingga memerlukan kehadiran kekuatan udara yang kuat untuk menjaganya. Untuk itu, kekuatan udara (air power) nasional dengan TNI AU sebagai kekuatan utamanya perlu didukung dan diekpose secara luas agar masyarakat mengetahui pentingnyaair power. “Oleh karena itu, pemeran foto dari Lanud Halim Perdanakusuma dilaksanakan juga di Bandung karena sejarah kedirgantaraannyajuga produksi alutsista TNI yang berjalan hingga kini untuk mencapai kemandirian industri pertahanan nasional,” ujar  Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt.Stud.

Baca juga:  KUNJUNGAN KERJA KOMISI I DPR RI DI LANUD NGURAH RAI

Sementara itu, Jeff Pranada menyampaikan selama sekitar tiga setengah bulan proses pembuatan buku merasakan adanya kesan mendalam juga pengalaman, pelajaran dan wawasan baru mengenai kedisiplinan, pola pikir dan idealisme para personel TNI Angkatan udara saat ini.  Untuk itu sebagian idealisme dan bukti profesionalisme TNI AU terekam dalam sekitar 6000 foto yang kemudian dipilih menjadi 1000 foto sampai tinggal 200 foto terbaik untuk di jadikan sebagai sumber pembuatan buku dan untuk pameran.

Ridwan Kamil sebagai pembicara terakhir menjelaskan ada tiga julukan bagi Bandung yaitu kota perjuangan dengan adanya Bandung Lautan Api, kota pendidikan dengan adanya ITB dan perguruan tinggi umum dan militer yang telah melahirkan tokoh-tokoh nasional serta kota dirgantara dengan adanya PT Dirgantara Nasional. Ditambahkannya foto-foto pesawat TNI AU hasil jepretan Jef Prananda indah dan spektakuler karena timing dan sudut pengambilan yang tepat dan teknisnya yang baik. “Pengambilan foto pesawat udara apalagi TNI AU oleh fotografer, tidak semua orang bisa, sehingga upaya ekpose ini perlu diapresiasi,” ujar Walikota Bandung.

Baca juga:  Danlanud Sambut Kedatangan Pasukan Yang Mengikuti TFG

Pameran menampilkan sekitar 50 foto beragam pesawat TNI AU juga pameran buku, talks show, lomba foto dan workshop foto dengan membahas film Behind the Scenebuku  “Indonesian Air Force-The Present Generation : A Proof and Achievement”oleh Jeff Pranada. Selama dua hari pelaksanaan pameran, antusias masyarakat Bandung dari berbagai kalangan sangat tinggiuntuk menyaksikan dan mengikuti rangkaian acara pameran mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, pria-wanita, media juga komunitas fotografi di Bandung.  Pameran dilaksanakan atas kerjasama Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, TSM, Persatuan Amatir Fotografi (PAF) Bandung dan berbagai pihak yang turut mendukung acara tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel