Berita

TIGA KOMPONEN UNTUK PEMBINAAN MENTAL YANG TANGGUH

Dibaca: 577 Oleh 15 Sep 2014Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Demikian penjelasan pada ceramah bintal fungsi komando yang disampaikan Kasi Bintal Lanud Sulaiman Mayor Sus Boyva Fatra, M.Ag., kepada seluruh personel baik perwira, bintara, tamtama, PNS serta siswa usai apel pagi yang dilaksanakan di lapangan apel Staf II Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Senin (15/9).

Dijelaskan lebih lanjut bahwa pembinaan spiritual meliputi keimanan, peribadatan, akhlak dan mental. Keimanan adalah mempercayai, meyakini, dan melaksanakan segala perintah sang pencipta dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang diyakini sehingga akan melahirkan akhlak dan moral yang baik sebagai filter dari perilaku yang dapat menjerumuskan kepada perbuatan tercela. ”Hanya diri sendiri yang bisa mengubahnya, bukan orang lain,” kata Kasi Bintal.

Adapun pembinaan ideologi adalah cinta akan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan pembinaan kejuangan adalah memiliki rasa rela berkorban, jujur, berani, dan bertanggung jawab. Apabila ketiga komponen tersebut dapat dilaksanakan maka akan terbentuk personel yang memiliki mental tangguh.

Berkaitan dengan perayaan Idul Adha 1435 H yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang, seksi Bintal masih membuka kesempatan kepada para personel yang hendak berkurban. Sebagaimana telah dijelaskan dalam kesempatan pelaksanaan shalat Dhuha bahwa menurut hadist yang disampaikan para ulama, hewan kurban akan menjadi kendaraan kita saat diakhirat untuk meniti jembatan shirotol mustaqim, jembatan yang lebarnya bagaikan rambut sehelai yang dibelah tujuh. Hakekatnya berkurban bukanlah pembagian daging melainkan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu Wata’ala untuk mencapai ridho-Nya.

Baca juga:  Lanud Sulaiman Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-88

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel