Berita

TIGA SATUAN TNI AU DI SUBANG PERINGATI HARI BAKTI TNI AU KE-62

Dibaca: 3 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU (Lanud) Suryadarma, Subang, Wingdiktekkal dan Kompi B BS Paskhas menyelenggarakan upacara militer gabungan untuk memperingati Hari Bakti TNI AU ke-62 di Apron Skadron Udara 7, Lanud Suryadarma, Rabu (29/7). Upacara berjalan khidmat dihadiri undangan dari Muspida Subang seperti Bupati Subang Drs Eep Hidayat, Msi., Ketua DPRD Subang Rusnating, S.E., Kapolres Subang AKBP Drs Sugiyono, S.H., para pejabat militer dan sipil di Subang juga Purnawirawan TNI AU dan Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorcab Lanud Suryadarma.

 

Sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Suryadarma Kol. Pnb. D. Widiantoro, MBA., membacakan amanat Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Subandrio. Dalam amanatnya KSAU mengingatkan bahwa peristiwa 29 Juli 1947 merupakan bukti bakti tiga orang pelopor TNI AU pada bangsa yang nilai-nilai perjuangannya harus dilestarikan oleh generasi penerus TNI AU pada saat ini melalui peningkatan profesionalitas, semangat juang dan pengabdian. Hal ini disebabkan pada waktu itu tiga orang pelopor TNI AU yaitu Komodor Udara A. Adisutjipto, Komodor Udara Abdulrahman Saleh dan Opsir Udara I Adi Sumarmo telah rela mengorbankan jiwa raganya demi bangsa saat menjalankan tugas mengantarkan bantuan obat-obatan untuk rakyat Vietnam. Saat itu Pesawat Dakota VT-CLA yang mereka gunakan untuk mengantarkan obat tersebut ditembak oleh pesawat Kitty Hawk Belanda dan jatuh di Desa Ngoto, Bantul, Yogyakarta.

Baca juga:  Komandan Lanud J.B. Soedirman Hadiri Acara Lepas Sambut Dandim 0702 Purbalingga

 

Ditambahkan KSAU bahwa nilai-nilai sejarah perjuangan pendahulu perlu diwariskan agar sebagai generasi penerus, pengabdian dan perjuangan kita saat ini sesuai dengan harapan dari pelopor dan perintis TNI AU. Oleh karena itu, tepat tema peringatan yang dicanangkan yaitu, ”Melalui peringatan ke-62 Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun 2009, kita jadikan momentum untuk meningkatkan profesionalisme dan jiwa juang dalam rangka menjaga keutuhan NKRI”.

 

Usai upacara diadakan ramah tamah di Hanggar Colibri Skadron Udara 7. Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma menggarisbawahi penekanan KSAU sebagai penerus kita harus mewarisi nilai-nilai perjuangan para pelopor TNI AU. Disampaikan pula harapan Danlanud Suryadarma terhadap eksistensi Lanud Suryadarma di Kabupaten Subang agar semakin baik dan mampu memberi kontribusi terhadap Pemerintah Kabupaten Subang dan rakyatnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel