Pustaka

Tim Aerobatik Jupiter Ramaikan HUT TNI AU

Dibaca: 11 Oleh 12 Mar 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

TRIBUNNEWS.Com JAKARTA -Peringatan HUT TNI AU ke 66 tanggal 9 April 2012 akan dimeriahkan demo udara dan demo darat. Untuk demo udara, dikerahkan sebanyak 64 pesawat berbagai jenis TNI Angkatan Udara dengan beragam atraksi, seperti “Banner Towing”, terbang lintas, penerjunan “Free Fall”, demo operasi udara, “Dynamic Show”, dan “Bomb Burst”. Demo darat antara lain parade, demo Tae Kwon Do, demo “Free Fall”, terjun statik, “Combat SAR”, dan demo pembebasan sandera.

Tak ketinggalan menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus di Jakarta, Tim Aerobatik “Jupiter” akan kembali memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-66 TNI Angkatan Udara, Beberapa manuver akan ditampilkan oleh tim aerobatik sebagai bagian dari demo udara dalam rangkaian peringatan hari jadi TNI AU.

“Tim akan tiba bersama pendukung demo udara lainnya pada tanggal 1 April di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma,” kata Azman. Kehadiran Tim Aerobatik “Jupiter” yang dipimpin Letkol Pnb. Dedy Susanto itu merupakan penampilan kedua dalam peringatan hari jadi TNI AU.

Baca juga:  K. 110

Tim Aerobatik “Jupiter” kali pertama “melukis” langit Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma pada peringatan HUT Ke-65 TNI AU. Kala itu, Tim Aerobatik TNI AU “Jupiter” dengan pimpinannya Letkol Pnb. Ramot Sinaga menampilkan 17 manuver antara lain manuver “Jupiter Roll”, yakni enam pesawat yang telah menempati posisi masing-masing, kemudian berputar 360 derajat longitudinal secara bersamaan.

Usai melakukan manuver berputar, Tim Aerobatik “Jupiter” melakukan manuver anak panah atau “Arrow Head”, dilanjutkan dengan manuver “Arrow Head Loop”. Keenam pesawat dalam manuver ini menanjak indah membuat lintasan melingkar dalam bidang vertikal.

Tak kalah menariknya, di antara 17 manuver yang ditampilkan dua pesawat melakukan manuver “Mirror”, yakni kedua pesawat akan terbang lintas beriringan dengan salah satunya berada pada posisi terbalik. Dua pesawat lainnya juga melakukan manuver “Heart sebagai tanda rasa cinta Tanah Air.

Lalu, manuver apa yang akan dilakukan di HUT 66 TNI AU nanti? “Kita lihat saja nanti. Kejutan …,” kata Azman.

Tim Aerobatik “Jupiter” akan tampil dengan enam pesawat KT-1B Wong Be atau satu tim dengan dua pesawat cadangan. Tim Aerobatik TNI AU “Jupiter” berbasis di Skadron Pendidikan 102, Pangkalan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta.

Baca juga:  K. 01

Sumber: http://www.tribunnews.com/2012/03/09/tim-aerobatik-jupiter-ramaikan-hut-tni-au

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel