Berita

Tim Itjenau Sosialisaikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lanud Sutan Sjahrir

Dibaca: 39 Oleh 17 Sep 2020Tidak ada komentar
Tim Itjenau Sosialisaikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lanud Sutan Sjahrir
#TNIAU 

TNI AU.  Tim Itjenau sosialisasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bertempat di crew room Lanud Sutan Sjahrir, Kamis (16/9/2020).

Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Medi Rachman, S.E., MBA Avi Mgt, MMOASc, Ph.D., dalam acara itu menurutnya, SPIP ini memang program baru dari Mabesau TNI Angkatan Udara terkhusus di Lanud Sutan Sjahrir, akan tetapi program SPIP ini kedepannya akan dicanangkan oleh TNI Angkatan Udara, ungkap Danlanud.

Danlanud juga menambahkan, bagi peserta SPIP yang akan melaksanakan kegiatan sosialisasi program baru ini, saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta nanti, apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti agar bisa disampaikan kepada tim SPIP baik dari tim Itjenau maupun tim dari BPKP pusat nantinya, ungkap Komandan.

Sementara itu Asbin Itjenau Kolonel Adm Dwi Dedy Gunawan selaku ketua tim SPIP ia menjelaskan dalam sambutannya, ini merupakan upaya pemerintah guna memenuhi Pasal 58 undang-nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yaitu menyelenggarakan sistem pengendalian intern di lingkungan pemerintah secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas satuan kerja. oleh karena itu setiap satuan kerja diwajibkan menyelenggarakan SPIP seperti tertuang secara rinci dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008. Lanjutnya, dasar hukum SPIP tersebut diharapkan berperan dalam 3 hal yaitu, sebagai landasan pembinaan penyelenggaraan SPIP, landasan penyelenggaraan pengawasan intern serta standar penyelenggaraan SPIP, jelasnya.

Baca juga:  LANUD ABD SALEH ADAKAN APEL KHUSUS DALAM RANGKA PAM NATALDAN TAHUN BARU 2018

Sementara itu dari pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat Jakarta bapak Edward Zufri pada kesempatan yanga sama ia juga mengatakan, BPKP merupakan salah satu urgensi penilaian SPIP yang merupakan proses yang legal pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisian.

Lebih dalam ia mengatakan, tugas BPKP adalah melakukan pengawasan dan kontrol lintas sektoral disetiap intansi guna mencapai hasil yang maximal di setiap satuan atau instansi, setelah itu hasil pengawasan tersebut akan di laporkan kepada Presiden, jelasnya

Turut hadir pada acara itu, para Kepala Dinas serta para Perwira yang terkait.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel