Berita

Tim Kesehatan Rsau “Dr Esnawan Antariksa” adakan penyuluhan di Sekkau

Dibaca: 17 Oleh 06 Agu 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Tim penyuluh Kesehatan RSAU “dr. Esnawan Antariksa” Halim Perdanakusuma mengunjungi Sekkau guna melakukan penyuluhan kesehatan kepada kepada para Prajurit dan PNS Sekkau dan diterima Kepala Dinas Pembinaan Sekkau Letkol Lek Sondhi, S.Sos, mewakili Komandan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Dansekkau) Kolonel Pnb Ir. Joko Sugeng Sriyanto, Msc. di Gedung Pramana Sala Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (6/8).

Tim penyuluh Kesehatan yang dipimpin Kepala Kesehatan Preventif RSAU, (Kakesprev) Letkol Kes Sri Sulistyowati ini. Akan memberikan pencerahan tentang wabah Zoonosis, dengan tujuan memberikan pengetahuan bagi personel TNI Angkatan Udara, agar mengerti dan memahami pentingnya menjaga kesehatan diri, keluarga, dan Lingkungannya serta mewaspadai bahaya penyakit yang ditimbulkan bakteri, jamur, parasit dan virus dari hewan peliharaan atau ternak yang menjadi media penularannya.

Disamping mengucapkan Selamat Datang kepada Tim Penyuluh Kesehatan RSAU, Dansekkau dalam sambutannya mengajak seluruh anggota Sekkau untuk mengerti dan memahami materi yang diberikan sebagai acuan untuk menjaga kesehatan diri maupun keluarga baik dalam kedinasan maupun kegiatan sehari-hari di rumah.

Baca juga:  TNI dan TUDM Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Dokter Klinik Hewan RSAU PNS IV A Drh. Haryati, memulai ceramah dengan memaparkan macam-macam penyakit yang ditularkan oleh binatang (zoonosis) kepada manusia. Menurut Dokter Haryati ada empat penyebab zoonosis yaitu bakteri, jamur, parasit dan virus. Sedangkan media penularannya antara lain melalui makanan, kontak dengan hewan, udara dan hewan pembawa penyebab penyakit. Hewan yang dicurigai sebagai penular penyakit zoonosis antara lain sapi, babi, anjing, tikus, kucing, nyamuk, kelelawar dan lainnya dan berbagai penyakit zoonosis yang ditimbulkan seperti antrak, taksoplasmosis, bruselosis, leptospirosis, dan taeniasis.

Selain Anggota Sekkau, Perwira Bintara, Tamtama dan PNS turut hadir pula para pejabat, dan Perwira penuntun (Patun) Sekkau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel