TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Tim Kesehatan Satgasud TNI AU Tangani Ratusan Pasien

By 13 Oct 2018 Berita
IMG-20181013-WA0061

 

TNI AU.    Balikpapan-Dispenau (13/10). Ribuan pengungsi korban bencana alam di Sulawesi Tengah telah dievakuasi oleh pesawat-pesawat TNI AU dari Palu menuju beberapa lokasi, salah satunya ke posko Satuan Tugas Udara (Satgasud) TNI AU yang berada di Lanud Dhomber Balikpapan.

Salah satu hal penting yang dilaksanakan setibanya mereka di posko adalah pemeriksaan kondisi kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan.

Hingga saat ini, Sabtu (13/10/2018) tim kesehatan Satgasud TNI AU telah memeriksa lebih dari 600 pasien, sejak posko penanggulangan bencana alam terpadu didirikan di Lanud Dhomber.

Adapun keluhan yang dialami oleh para pengungsi beragam, diantaranya trauma benturan dan luka-luka, kemudian demam, sakit kepala, pusing, mual, batuk, flu dan sejenisnya. Setelah dilakukan pemeriksaan awal, apabila ada yang perlu ditangani lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit yang telah disiapkan.

Tim Posko Kesehatan yang terdiri dari anggota TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, PMI serta relawan dari berbagai pihak ini bersiaga selama 24 jam penuh, untuk memastikan kesehatan para pengungsi dalam kondisi baik.

Penanganan bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah akan terus dilakukan oleh Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) TNI bersama unsurnya, salah satunya Satuan Tugas Udara (Satgasud) TNI AU yang bermarkas di Lanud Dhomber Balikpapan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Kesehatan Satgasud TNI AU Tangani Ratusan Pasien