TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TIM MABESAU CERAMAH ROAD TO ZERO ACCIDENT DAN PENSUNG DI LANUD SURYADARMA

By 19 Dec 2017Berita
2017-12-19-pen-lanud-sdm-ceramah

TNI AU. Tim Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU (Dislambangjaau) dan Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) melaksanakan kegiatan ceramah Road To Zero Accident dan Penerangan Langsung kepada anggota Lanud Suryadarma dan Kompi Senapan C Yon 461 Paskhas di gedung serbaguna Choper Sekbang Lanud Suryadarma Kalijati Subang. Selasa (19/12).

Kegiatan Road To Zero Accident ini dengan mengambil tema “ Melalui pengembangan safety Reporting, kita ciptakan zero accident Rate” yang di isi penceramah dari dislambangjaau letkol Tek Andry mengenai Safety Reporting System kemudian dari Dispsiau letkol Kes Jeffry mengenai aspek Psikologis dan dari Lakespra TNI AU oleh Kolonel Kes dr Sukardiansyah, Mkes. SpKJ mengenai aspek bidang kesehatan, sedangkan dari Dispenau disampaikan oleh Kasubdispenpas Dispenau Kolonel Sus Bintang Yudianta mengenai Penerangan Langsung tentang Media Relation, sosialisasi UU Pers dan penggunaan media sosial dengan baik.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan safari road to zero accident dalam  rangka  menciptakan safety di lingkungan kerja merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kami. Karena  kami menyadari bahwa untuk bisa menciptakan zero accident tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini memerlukan proses yang panjang dan terus menerus. “Oleh karena itulah kita harus tak henti-hentinya mengkampanyekan zero accident secara masif dan terstruktur sehingga budaya safety benar–benar tertanam dan membudaya pada diri setiap prajurit dan tingkah laku setiap insan TNI Angkatan Udara” Tegas Danlanud.

Komandan juga mengatakan di dalam menghadapi era globalisasi dan era informasi seperti saat ini yang semakin sarat dengan dampaknya, baik yang positif  namun juga banyak sekali berimplikasi pada dampak negatif bagi kehidupan keluarga, masyarakat maupun kedinasan.  “Oleh karena itu sangatlah tepat bagi Dispenau untuk dapat menjelaskan tentang penggunaan media sosial dengan baik sehingga kita semua dapat mengerti dan tidak salah dalam menggunakan media sosial” jelasnya.

Sementara itu Kadislambangjaau Marsma TNI Agung H. Santoso yang disampaikan oleh Sesdis Lambangjaau Kolonel Pnb Hari Mursanto menyampaikan bahwa Road To Zero Accident (RTZA) Ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan pencegahan kecelakaan terbang dan kerja yang fokus utamanya adalah penguatan organisasi dalam bidang keselamatan. Hasil dari RTZA ini adalah rekomendasi kepada stakeholder yang terkait secara menyeluruh guna perbaikan di masa depan.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan Road To Zero Accident ini diharapkan akan ada langkah-langkah positif yang dibangun atas dasar kepedulian dan tanggung jawab kita sebagai insan yang berkecimpung di dalam matra udara untuk bersama-sama menyusun satu sistem pengelolaan keselamatan yang komprehensif” pintanya.

Dalam kegiatan ini  Tim RTZA selain memberikan ceramah mengenai Lambangja kepada seluruh personel Lanud Suryadarma, sehari sebelumnya tim RTZA juga melakukan survey ke satuan-satuan kerja yang ada di Lanud Suryadarma untuk bertukar pikiran serta mencari bahan masukan agar pada akhirnya dapat membangun Safety Management System dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kesiapan operasional disatuan  TNI AU.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

TIM MABESAU CERAMAH ROAD TO ZERO ACCIDENT DAN PENSUNG DI LANUD SURYADARMA