Berita

Tingkatkan Kemampuan Administrasi, Peserta Penyusunan RKA-KL Koopsau I TA. 202I Dibekali KPPN

Oleh 27 Feb 2020 Februari 28th, 2020 Tidak ada komentar
Tingkatkan Kemampuan Administrasi, Peserta Penyusunan RKA-KL Koopsau I TA 202I Dibekali KPPN
#TNIAU 

TNI AU. Perbaikan pola penyerapan anggaran dan peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran, menjadi bahasan dari paparan yang dilakukan oleh Ketua KPPN I Jakarta Bapak Amin Zuhri. 

Masih menurutnya “DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) adalah dokumen yang berisi rencana program sebuah satuan selama setahun yang diterjemahkan dalam angka rupiah. Angka tersebut tidak boleh dimaknai sebagai uang siap pakai, tetapi sebuah rencana kegiatan dalam satu tahun yang pendanaannya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),“ ujarnya.

Perencanaan APBN Indonesia melakukan bottom up dan top-down. Proses bottom up diwujudkan dengan memberi kesempatan kasatker mengusulkan rancangan DIPA, usulan tersebut diharmonisasi di tingkat Kementerian Negara/Lembaga (K/L) bersama Menteri Keuangan. Harmonisasi inilah terjadi akomodasi, sehingga hampir pasti pengusulan satker pasti tidak persis seperti yang diusulkan.  

“Apabila halaman III DIPA dibuat akurat, maka ada dua manfaat yang dapat diambil manajemen kas, dan pola penyerapan. Oleh karena itu halaman III DIPA perlu segera disesuaikan di awal tahun, dengan rencana yang mencerminkan pola penyerapan yang baik dan diikuti oleh pengelola keuangan,” imbuhnya.

Rapat penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) belanja pegawai dan barang Koopsau I Tahun Anggaran 2021 dibuka langsung Pangkoopsau I Marsda TNI M. Khairil Lubis di Gedung Roesmin Nurjadin Koopsau I, Rabu (26/2/2020) dan diikuti 50 peserta.  Dalam amanatnya Pangkoopsau I mengatakan “Perencanaan yang baik menentukan hampir 70% keberhasilan program”. Lebih jauh beliau mengajak semua yang hadir untuk menjadikan forum ini sebagai tempat berdiskusi, belajar dan menyimak paparan yang akan disampaikan oleh pejabat KPPN Jakarta. 

Asisten Perencanaan (Asren) Koopsau I Kolonel Pnb. Indan Gilang Buldansyah, S. Sos selaku penyelenggara mengatakan “Kegiatan penyusunan RKA-KL belanja pegawai dan belanja barang Koopsau I TA 2021 akan berlanggung selama 3 hari (26-28 Febuari 2020)”.

Turut hadir dalam Penyusunan RKA-KL pejabat Koopsau I, Paban IV/Rengar Srenau Kolonel Pnb Muh. Arifin, Kasubdis Sidukpers Disinfolahtaau Kolonel Lek Hadi Siswoyo, Para Asisten Koopsau I, Para Sahli serta PPSPM, para Kaprogar Lanud jajaran Koopsau I.

Tingkatkan Kemampuan Administrasi, Peserta Penyusunan RKA-KL Koopsau I TA 202I Dibekali KPPN

Tingkatkan Kemampuan Administrasi, Peserta Penyusunan RKA-KL Koopsau I TA 202I Dibekali KPPN

Tingkatkan Kemampuan Administrasi, Peserta Penyusunan RKA-KL Koopsau I TA 202I Dibekali KPPN

Baca juga:  Pembina Utama PIA Ardhya Garini : "Ketentraman Berorganisasi Diwujudkan dengan Asah, Asih, Asuh"

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel