Berita

Tingkatkan Kemampuan dan Ketangkasan, Personel Lanud Sim Latihan LCR

latihan_lcr
#TNIAU #TNI-AU
cara_memegang_dayung

Pengenalan bagaimana cara memegang dayung yang baik.

TNI AU.  Mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, kemampuan dan ketangkasan personel Lanud Sultan Iskandar Muda perlu dibina, dilatih dan dikembangkan salah satunya melalui latihan LCR di sekitaran Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Selasa (4/12). Secara umum, Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda Letkol Pas Catur Yanuar mengatakan LCR adalah jenis perahu yang terbuat dari karet sebagai sarana angkut di atas air dan untuk menggerakkan LCR ini dengan cara didayung dan menggunakan tenaga mesin. Untuk kapasitasnya, tidak lebih dari sepuluh orang namun efektif hanya delapan orang dengan ditambah peralatan SAR lainnya.

Selanjutnya seluruh personel diberikan materi pengenalan LCR dan bagaimana cara mengoperasikannya. “Tak kenal maka tak sayang,” ujar Kasiopslat Disops Lanud Sultan Iskandar Muda Kapten Lek Furshon mengawali materinya. Dikatakan demikian karena menurutnya jika tidak mengenal LCR dengan baik, maka bagaimana secara maksimal dapat menggunakannya. Materi yang disampaikan terkait spesifikasi LCR, mesin yang digunakan, cara menggunakan pelampung, cara memegang juga mendayung yang benar dan lain sebagainya.

Setelah teori dilanjutkan praktek mengoperasikan LCR, personel Lanud Sultan Iskandar Muda dibentuk lima kelompok yang terdiri Sembilan orang tiap kelompoknya, kemudian mengikuti arahan instruktur dalam mengoperasikan LCR. Latihan ini juga diadakan simulasi menolong korban tenggelam. “Semoga dari latihan ini, mampu meningkatkan kesiapsiagaan personel, lebih terampil dalam mengoperasikan LCR dan tentunya siap apabila dibutuhkan sewaktu-waktu,” ujarnya.

Leave a Reply