Berita

Tingkatkan Kerjasama Militer, TNI AU Dan RSAF Gelar Latihan Bersama

Dibaca: 148 Oleh 17 Okt 2022Tidak ada komentar
IMG 20221017 WA0067
#TNIAU 

TNI AU. Tingkatkan kerjasama dibidang militer TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan RSAF (Republic of Singapora Air Force) menggelar Latihan Bersama (Latma) yang disebut dengan Exercise Manyar Indopura XVIII/22 yang berlangsung dari tanggal 16 s.d 27 Oktober 2022 di Lanud Roesmin Nurjadin-Pekanbaru dan dibuka secara resmi pada acara Opening Ceremony of Joint Exercise Between TNI AU and RSAF, tempat di Balai Prajurit Edy Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (17/10/22).

Dalam latihan tersebut TNI AU melibatkan 1 unit Helicopter EC 725 Caracal dari Skadud 8 Wing 4 Lanud Atang Sanjaya dengan dukungan 70 personel dan RSAF juga melibatkan 2 unit H-225M dari 125th Squadron RSAF, dan 48 personel.

Komandan Wing 4 Lanud Ats Kolonel Pnb Agni Prayogo selaku Direktur Latihan Manyar Indopura XVIII/22 dalam sambutannya mengatakan, kami sangat senang TNI AU dan RSAF kembali latihan bersama Manyar Indopura ke 18, latihan ini adalah pertama kali dilaksanakan semenjak pandemi Covid-19, tentunya akan dapat memberikan manfaat bagi hubungan bilateral antara TNI AU dan RSAF, tentunya tujuannya adalah, memperkuat Bilateral Air Maneuvering Exercise (AMX), dan memberikan peluang untuk berinteraksi bersama Crew, berbagi pengetahuan, serta informasi antar dua angkatan Udara.

Baca juga:  Danlanud Husein Sastranegara lepas peserta Air Scout Meeting Saka Dirgantara

“Sebagai negara tetangga Indonesia dan Singapura memiliki sejarah yang sangat panjang khususnya kerjasama di bidang pertahanan, kerjasama yang luar biasa bertahun-tahun selama ini telah terjalin kemitraan dalam pertahanan berdasarkan, prinsip kesetaraan, hubungan saling menguntungkan dan saling menghargai, ” kata Agni Prayogo.

Lebih lanjut Kolonel Pnb Agni Prayogo mengungkapkan, kita akan perkuat hubungan yang harmonis yang dapat memperluas kemitraan regional, latihan ini tentunya dengan harapan mampu membangun dan mengembangkan obligasi yang sudah ada, saling hormat menghormati, dan kepercayaan antara dua negara, tingkatkan kualitas kerjasama. Latihan ini juga hendaknya menunjukan komitmen dalam mengembangkan kerjasama pada operasi pencarian dan penyelamatan termasuk evakuasi korban (Casevac) dan resupply, namun keselamatan tetap prioritas, lakukan latihan dengan benar sesuai dengan rencana misi, ikuti aturan, dan prosedur yang berlaku. Prioritaskan penerbangan dan keselamatan kerja.

Kemudian Commanding Officer 125 SQ RSAF Ltc Lim Seng Wee mengatakan, kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya yang terkait dengan latihan bersama antara RSAF dan TNI AU, ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, karena RSAF dan TNI AU sudah bertahun-tahun melaksanakan latihan bersama-sama, tentunya semakin erat hubungan ke dua negara di bidang militer.

Baca juga:  Danlanud Atang Sendjaja Serahkan Santunan Watzah

“Latihan bersama ini hendaknya untuk saling berdiskusi, bertukar fikiran, dan berbagi pengalaman, dan kami bangga RSAF dan TNI AU dapat bertemu kembali di tempat yang sama untuk saling berbagi pengalaman,” ujarnya.

Turut hadir, Paban II/Sarval Ditlambangja Puslaiklambangjaau Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Danskadud 8 Letkol Pnb Immanuel Simarmata, Pabandya Siapsat Paban III/Lat Sopsau Letkol Pnb I Gusti Ngurah S.L., Kasi Angkutan Mayor Pnb Martono, dan para Penerbang/Crew Heli Caracal TNI AU dan RSAF.

Kegiatan diawali dengan Welcome Speech dari Exdir TNI AU dan Deputy Exdir RSAF, Embeding Patch Exercise, dan Safety Briefing dari TNI AU.

IMG 20221017 WA0066

IMG 20221017 WA0068 1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel