Berita

Tingkatkan Kesiagaan, Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Crash Team

Tingkatkan Kesiagaan, Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Crash Team
#TNIAU 

TNI AU.  Lanud Adisutjipto menggelar Latihan Crash Team dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan seluruh personelnya dalam menanggulangi adanya bahaya kebakaran bertempat di Base Ops Lanud Adisutjipto, Kamis (5/9).

Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Feri Yunaldi menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan latihan crash team ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman serta melatih bagi anggota atau satuan jajaran yang ada di Lanud Adisutjipto terhadap pelaksanaan pemadaman kebakaran dan cara penyelamatan awak pesawat secara terintegrasi.

“Kegiatan latihan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 4-5 September yang dimulai dengan kegiatan penyiapan alins dan alongins, rapat koordinasi, pengenalan Alat Pemadam Kebakaran dan penggunaannya untuk menangani kebakaran kepada seluruh personel, teori penyelamatan di Skadik 101 dan Skadik 102 serta praktek penanggulangan gawat darurat dilanjutkan evaluasi latihan,” Jelasnya.

Simulasi latihan dimulai dengan pesawat Colibri dan KT 1 B Woong Bee calling emergency karena mengalami truoble engine yaitu fire detector light menyala, “request direct landing” pada posisi 24 medium dengan membawa siswa konversi. Tower merespon berita dari pesawat yang mengalami kerusakan dan menginstruksikan melaksanakan pendaratan. Pesawat calling distress karena canopi dan kabel terbakar, dan engine mengeluarkan asap dan akan melaksanakan pendaratan di Lapangan Baturetno dan Base Ops Lanud Adisutjipto.

Kejadian tersebut langsung mendapat penanganan dari crash team Lanud Adisutjipto yang terdiri dari unsur Baseops, Pemadam Kebakaran (PK), Satpomau, Paskhas, Intelijen, tim kesehatan dari RSPAU dr. Hardjolukito, Dokumentasi dari Penerangan serta pendukung lainnya.

Sesuai dengan tugas masing-masing dengan sigap dan cekatan crash team menangani dan mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengevakuasi korban ke RSPAU dr. S. Hardjolukito guna diberikan pertolongan lebih lanjut kepada korban.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel