TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Tingkatkan Profesionalisme, Lanud Rsn Laksanakan Latihan Penanganan Kondisi Emergency

By 12 Apr 2018Berita
DSC_1427

 TNI AU. Tower mendapatkan informasi bahwa telah terjadi gangguan sistem pada pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 dan F-16 dari Skadron Udara 16 yang sedang melaksanakan penerbangan, sehingga membutuhkan penanggulangan untuk dilakukan penanganan segera.

Berdasarkan info tersebut seluruh personel dan satuan terkait langsung berkoordinasi untuk mengerahkan crash team dan rescue (SAR) team serta kendaraan pendukung lainnya untuk persiapan pelaksanaan penanggulangan emergency apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan atau akan mengakibatkan incident ataupun accident.

Ternyata setelah mendarat, pesawat mengalami pecah ban yang harus segera ditangani.

Ini bukanlah kejadian nyata, namun merupakan skenario dari latihan penanganan kondisi emergency atau darurat yang dilaksanakan oleh Lanud Roesmin Nurjadin, pada Rabu (11/4) dan Kamis (12/4).

Kasiopslat Disops Lanud Rsn Mayor Pnb Putut Hanggiro selaku Komandan Latihan menyampaikan kegiatan latihan penanggulangan emergency pada pesawat Hawk 100/200 dan F-16 ini bertujuan untuk untuk me-refresh kembali serta membina dan meningkatkan keterampilan dalam menghadapi situasi emergency secara baik dan benar pada kegiatan di darat maupun di udara.

“Salah satunya adalah penanganan ketika terjadi pecah ban, baik itu di pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12 ataupun pesawat F-16 dari Skadron Udara 16”, lanjutnya.

“Diharapkan dengan melaksanakan latihan ini para personel Lanud Rsn akan menjadi lebih profesional, sigap dan terampil dalam melakukan penanggulangan ketika terjadi keadaan darurat di lingkungan kerjanya”, tutupnya.

Latihan ini dilaksanakan di area Hanggar Lengkung dengan melibatkan lebih dari 100 personel Lanud Roesmin Nurjadin yang terdiri dari personel Dinas Operasi, kemudian Skadron Udara 12 dan 16, Pomau, Intelijen, Rumkit serta satuan terkait lainnya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Tingkatkan Profesionalisme, Lanud Rsn Laksanakan Latihan Penanganan Kondisi Emergency