Berita

Tingkatkan Safety, Antisipasi Kecelakaan Pesawat oleh Benda Asing, Lanud Sjamsudin Noor Laksanakan Korve KOBA

Dibaca: 10 Oleh 19 Agu 2021Tidak ada komentar
IMG 30488
#TNIAU 

TNI AU. Sudah menjadi bagian dari prosedur tetap di tubuh institusi TNI AU, melakukan antisipasi kecelakaan pesawat terbang yang disebabkan oleh benda asing. Untuk menghindari terjadinya Incident dan Accident serta meningkatkan keselamatan terbang dan kerja, Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan kegiatan korve KOBA (Kerusakan Oleh Benda Asing) bersama, bertempat di Apron Lanud Sjamsudin Noor, Kamis, (19/08/2021).

KOBA di dalam dunia penerbangan adalah kerusakan yang terjadi pada pesawat yang diakibatkan oleh benda asing, berupa serpihan material-material logam, plastik, kerikil dan serpihan-serpihan asing yang mengenai atau masuk kedalam mesin maupun sistem pesawat pada saat pesawat sedang melaksanakan penerbangan.

Kegiatan korve KOBA ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago dan diikuti oleh seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil. Korve KOBA kali ini dilaksanakan dengan cara Sweeper dan membentuk formasi berjajar dan berlapis dengan sasaran benda asing yang dapat mengganggu kegiatan penerbangan seperti batu-batuan, logam dan material berbahaya yg dapat mengakibatkan Incident dan Accident.

Dalam keterangannya, Komandan Lanud Sjamsudin Noor menyampaikan, pelaksanaan kegiatan korve KOBA ini bertujuan untuk mendukung program Zero Accident di Apron Lanud Sjamsudin Noor maupun landasan pacu Bandara Internasional Syamsudin Noor, sehingga bisa menghindari penyebab kecelakaan penerbangan, selain itu, suasana lingkungan yang bersih dapat memperlancar pelaksanaan tugas dengan selalu mengutamakan Keselamatan Terbang dan Kerja (Lambangja).

Lebih lanjut bahwa, pelaksanaan pembersihan area sangat perlu dilaksanakan, kegiatan ini dilaksanakan secara berkala dengan tujuan menjamin keselamatan penerbangan baik sipil maupun militer dan juga meningkatkan budaya safety pada seluruh anggota Lanud Sjamsudin Noor. “Saya juga  menekankan agar pelaksanaan semua kegiatan Lanud Sjamsudin Noor, baik dalam operasi penerbangan maupun dalam pelaksanaan tugas rutin, senantiasa harus selalu mengutamakan keselamatan dalam segala aspek tugas”, pungkasnya.

Sementara WS. Kalambangja Lanud Sjamsudin Noor selaku penanggung jawab kegiatan menambahkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan tanggung jawab personel Lanud Sjamsudin Noor betapa pentingnya keselamatan terbang dan kerja, terutama mengenai bahaya KOBA. Untuk itu, dengan kegiatan ini diharapkan agar setiap penerbangan selalu nyaman karena apron maupun landasan pacu Lanud Sjamsudin Noor, sudah dibersihkan oleh personel TNI AU.

Baca juga:  Hari Ini, Pia Lanud Abd Dibekali Trampil Menjahit Catedral Window

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel