Berita

Tip Ikuti Tes Program Pendidikan Luar Negeri

Dibaca: 414 Oleh 10 Des 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Apakah anda pernah atau sering mengikuti tes untuk program pendidikan di luar negeri tapi sering tidak lolos ? dapat dipastikan nilai adfelps anda kurang dari yang diharapkan, demikian dikatakan Lettu Sus Ervan Haris, dari Sekolah Bahasa (Sesa) Lanud Iswahjudi pada briefing pagi di ruang Tedi Kustari Base Ops Lanud Iswahjudi, Rabu, (10/12). 

Nilai adfelps kurang dari yang diharapkan serta kurang percaya diri dengan hasil ujian adfelps yang terdiri dari listening, speaking, reading dan lebih dari 85% peserta ujian gagal mencapai score flat 6 di writing test. 

Lebih lanjut, Lettu Sus Ervan Haris, menjelaskan cara untuk mendapatkan flat 6 untuk tes writing adfelps, yaitu essay yang terdiri dari introduction, (konsep penyempitan ide dari generalisasi ke spesialisasi), untuk body memuat semua yang dipaparkan di THESIS STATEMENT, diperjelas dengan SUPPORTING SENTENCES, dan memperjelas THESIS STATEMENT, serta menyampaikan isi dari ESSAY. 

Sedangkan conclusion yaitu memuat rangkuman dari semua paragrap sebelumnya, bisa berupa saran yang membangun atau bahkan sanggahan atas apa yang telah dipaparkan. Sedangkan masalah yang timbul, menurut Lettu Sus Ervan, yaitu terlalu dirancukan oleh topik, guideline yang sering menjebak peserta ujian untuk berusaha menjawab semua, kurang memahami topik, tidak bisa mengembangkan topik serta terbatasnya waktu. 

Baca juga:  Pernyataan Resmi Danlanud Hlo Membuka Turmament Danlanud CUP II

Untuk menghadapi itu semua menurutnya peserta harus tenang dan berkonsentrasi, kembangkan ide (Brainstorm), ambil ide pengembangan diri dua sampai tiga pertanyaan serta pemakaian conjunction untuk memperjelas chronological order. 

Demikian beberapa tip yang disampaikan dalam briefing pagi, yang diikuti oleh para Kepala Dinas dan segenap pejabat serta seluruh penerbang Lanud Iswahjudi. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel