Berita

TMMD KE-85, DIPUSATKAN DI PACITAN

Dibaca: 18 Oleh 14 Okt 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Pembangunan sarana fisik maupun non fisik di Desa Wonokerto, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan merupakan sasaran utama program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-85, yang secara resmi pembukaannya dilakukan oleh Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Ismono Wijayanto, Rabu (13/10). Program TNI Manunggal Membangun Desa tersebut, adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta beberapa komponen masyarakat.

 

Personel yang dilibatkan dalam mendukung TMMD ke-85 ini, meliputi 2 SST pasukan yang berasal dari kesatuan Yon 521 Blitar, 1 SST dari Linud 501/Brajayudha Madiun, 1 SST Yon Zipur V, Bintal, Dinas Kesehatan dan Dinas Penerangan Korem 081 Dhirotsaha Jaya Madiun, Polres Pacitan, Pemkab Pacitan, ormas dan warga masyarakat setempat. Upacara pembukaan yang berjalan dengan tertib dan khidmat tersebut, dihadiri oleh Bupati Pacitan H. Suyono, Dandim Pacitan Letkol Art Muzahar, S.I.P., serta Kapolres Pacitan AKBP Gatot Haribowo, S.I.K.

 

Sasaran fisik yang hendak dicapai dalam TMMD tersebut adalah ; pelebaran jalan, pekerjaan talut dan pelebaran rabat beton, pembuatan gorong-gorong, plat beton. Sedangkan sasaran tambahan yang dilakukan rehab mushola sebanyak satu unit dan bedah rumah sebanyak dua unit. Disamping itu TMMD ’85 juga melaksanakan sasaran non fisik antara lain ; penyuluhan Bela Negara, Kamtibmas, lingkungan hidup, ketahanan pangan, kehutanan dan perkebunan, tanaman dan koperasi.

Baca juga:  Pangkoopsau III Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 di Biak

 

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Gatot Nurmantyo selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasional TMMD ke-85 dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Ismono Wijayanto mengatakan, bahwa melalui kegiatan TMMD akan meningkatkan roda perekonomian daerah dengan terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil, serta mampu mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri.

 

Dikatakan Pangdam V/Brawijaya bahwa, kehadiran TNI tidak semata-mata membangun desa, akan tetapi juga sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat, dengan meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, serta mampu mengembangkan komunikasi yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat.

 

”Dengan demikian melalui TMMD, dapat memotivasi tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuhnya kesadaran tertib hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat”, lanjutnya.

 

Kegiatan TMMD ke-85 di wilayah Jatim tersebar secara serentak di 6 daerah yaitu Blitar, Tuban, Probolinggo, Bondowoso dan Bangkalan yang terpusat di Kabupaten Pacitan serta akan ditutup tanggal 2 Nopember 2010.

Baca juga:  Ketua Yasarini Cabang Lanud Maimun Saleh Mengikuti Vicon Ke-II Untuk Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Di Masa Pandemi Covid-19.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel