Berita

TMMD Suatu Terobosan yang Efektif, Efisien, dan Produktif

Dibaca: 45 Oleh 10 Okt 2014Tidak ada komentar
TMMD Suatu Terobosan yang Efektif, Efisien, dan Produktif
#TNIAU 

Dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien, dan produktif. TMMD sejak medio tahun 80-an, sampai dengan pelaksanaan TMMD ke-93 yang akan dibuka pada hari ini, secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia, menunjukkan relevansi, performance, kepedulian, dan kepekaan TNI dengankepentingan rakyatnya, yang tidak menampakkan gelagat berkurang.

Hal tersebut disampaikan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Djamaluddin, M.Si (Han).,  yang bertindak sebagai Irup pada upacara pembukaan TMMD di lapangan Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku penanggung jawab operasional TMMD.

Dalam amanat tersebut KSAD menyampaikan bahwa dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat.

Dari sisi tersebut, maka TMMD dapat dipandang dari dua segi, yakni Pertama, secara substansial TMMD merupakan thesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan. Kedua,dari sisi perakitan atau formulanya, merupakan lompatan metodologi pembangunan, yang mengacu kepadakesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/lembaga.

Baca juga:  Lanud I Gusti Ngurah Rai Kenalkan Dunia Kedirgantaraan kepada Siswa TK Qomar

Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih dari 34 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  “Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan,” kata Danlanud lebih lanjut saat membacakan amanat KSAD.

Disampaikan pula bahwa selama ini, program TMMD dinilai telah berhasil membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.

Sasaran pokok giat  TMMD yang dilaksanakan hingga tanggal 29 Oktober 2014 adalah pertama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan membuat pelebaran jalan setapak sepanjang 2,5 km yang akan menghubungkan jalan dengan Desa Mekar Mulya Kecamatan Pasir Jambu, jembatan, gorong-gorong, TPT/ kirmir, dengan sasaran tambahan plesterisasi dan rehab rutilahu (rumah tidak layak huni) sebanyak 10 unit.

Baca juga:  PANGLIMA TNI: JAJARAN SATUAN TNI UNTUK MENYUSUN DAN MELAKSANAKAN PEMUTAHIRAN RENCANA TINDAKAN KONTIJENSI“

Selain itu, melaksanakan penyuluhan PKK, PPBN, Kesling (Kesehatan Lingkungan), Keluarga Berencana, dan Koperasi.   Kedua, meningkatkan kesadaran bernegara dengan membangun konsep wawasan nasional yang dimulai dari pemerintahan tingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga. Ketiga, meningkatkan kesadaran bela negara dengan melaksanakan Pam Swakarsa sebagai salah satu sosialisasi dari  Undang – Undang Bela Negara.   Keempat, melaksanakan Keamanan Keliling dan ketertiban masyarakat dalam menjalankan kerukunan hidup antarwarga serta gotong royong.

Upacara yang diikuti 120 personel tersebut terdiri dari pasukan Yon Armed 4 Cimahi, Kodim, dan Lanud Sulaiman yang terdiri dari gabungan pasukan Depohar 40 dan 70.   Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya dari Korem 062 Tarumanegara, Kodim 0609 Cimahi yang diwakili Letkol Arm Tri Sugianto, Danrem diwakili oleh Kolonel Czi Diding Sutisna, Bpk. Deden Rumaji yang mewakili Bupati Bandung, H. Anang Susanto Ketua DPRD Kab. Bandung, Camat Cimaung Hidayat Ramadhan, dan  Drs. Icang Hadiyanto selaku Kepala Desa Sukamaju.

Usai upacara pokok acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis dari masing-masing perwakilan, dilanjutkan dengan penyerahan kambing dan bibit ikan nila yang dilakukan oleh Kolonel Czi Diding Sutisna mewakili Danrem.

Baca juga:  Last Flight Siswa Transisi Pesawat Super Tucano

TMMD ke-93 tahun 2014 mengangkat tema  Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembangunan  di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel