Berita

TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional

Dibaca: 44 Oleh 06 Okt 2011Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Dalam peringatan HUT ke-66 TNI tahun 2011 ini, TNI mengusung tema “Dengan keterpaduan dan profesionalisme, TNI bersama komponen bangsa, siap menjaga dan menegakkan kedaulatan serta keutuhan NKRI” oleh karena TNI lahir dari pangkuan rakyat di tengah kancah perjuangan menegakkan kedaulatan bangsa dan negara. Karena itu, TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional. Sebagai tentara rakyat TNI hanya berpihak kepada kepentingan seluruh rakyat dan negara. Kemudian sebagai tentara pejuang TNI tidak akan pernah berhenti dalam berjuang mewujudkan cita-cita bangsa. Sedangkan sebagai tentara nasional TNI akan membela kepentingan negara di atas kepentingan daerah, suku, ras, dan golongan agama.

Hal itu dikatakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, S.E. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Inspektur upacara peringatan HUT ke-66 TNI, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo. bertempat di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Rabu (5/10).

Lebih lanjut dikatakan, sesuai amanah konstitusi TNI mengemban tugas pokok untuk menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara. Sedangkan sebagai manivestasi dari peran internasional TNI mengemban tugas pemeliharaan perdamaian di berbagai wilayah konflik di dunia. Di samping itu TNI juga melaksanakan berbagai tugas untuk membantu masyarakat mengatasi kesulitan atau kedaruratan tertentu seperti bencana alam. Tugas-tugas konstitusional itu dilaksanakan baik melalui Operasi Militer Untuk Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Baca juga:  SAFARI BINTAL TERPADU TNI AU DI LANUD SURABAYA

Untuk memeriahkan acara peringatan HUT TNI Ke-66, berbagai atraksi disuguhkan antara lain, terjun payung yang kali ini juga diikuti oleh TNI AD, Kopaska TNI AL, Paskhas TNI AU, beladiri militer serta defille pasukan dan alutsista TNI.

Hadir pada upacara peringatan HUT ke-66 TNI tahun 2011, Gubernur/Wagub Jawa Timur, Gubernur AAL, Pangarmatim, Komandan Lanud Abdurrahman Saleh, Komandan Lanud Surabaya dan para Pejabat Militer SeGarnisun Surabaya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel