Berita

TNI Angkatan Udara Gelar Latihan Angkasa Yudha 2014

Dibaca: 82 Oleh 19 Nov 2014Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara ( Wakasau ) Marsdya TNI Bagus Puruhito membuka resmi gelar latihan Angkasa Yudha 2014 TNI Angkatan Udara di Seskoau, Lembang, Bandung, Selasa (18/11). 

Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dalam sambutan yang dibacakan Wakasau mengatakan, perkembangan lingkungan strategis kedepan menunjukkan indikasi berkembang semakin dinamis dan cenderung menghadirkan pergeseran perspektif ancaman, baik bersifat militer maupun non militer. Spektrum ancaman tersebut akan dapat berubah dengan tiba-tiba dari lokal ke nasional, demikian juga perkembangan eskalasi dari keadaan tertib hingga darurat atau sebaliknya, dan hal itu tidak mudah untuk diprediksi. 

Disamping itu, mencermati konflik internal suatu negara yang terjadi di beberapa kawasan, yang timbul akibat pluralisme suatu negara dapat menimbulkan ancaman yang ditebarkan berdasarkan perbedaan agama, suku, ras dan antar golongan. Demikian juga halnya dengan konflik antar negara yang diakibatkan oleh batas wilayah antar negara atau Outstanding Boundary Problems (OBP) karena menyangkut kedaulatan suatu negara termasuk di dalamnya pemanfaatan sumber daya energinya. 

Baca juga:  "162 JEMAAH TNI AU SlAP BERANGKAT"

TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral TNI mempunyai kewajiban melaksanakan tugas TNI di bidang Matra Udara dalam pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan udara nasional, pengembangan kekuatan matra udara dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara, maka TNI Angkatan Udara harus senantiasa memiliki daya antisipasi yang tinggi, cara pandang yang tepat, serta terus mengembangkan perkiraan-perkiraan strategis kedepan, sehingga dapat menghadapi dinamika situasi maupun tantangan dengan kesiapan yang matang, lanjut Kasau. 

Terkait hal tersebut, TNI Angkatan Udara tetap berupaya untuk melaksanakan latihan Angkasa Yudha tahun 2014 ini, meskipun tidak melaksanakan geladi lapangan, namun esensi dan makna dari latihan hendaknya tetap sesuai dengan tujuan latihan yaitu, menguji doktrin, prosedur, penerapan taktik dan teknik yang digunakan dalam penyelenggaraan suatu operasi udara. 

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, dan Korpaskhas beserta pendukungnya dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, dan sasaran yang hendak dicapai dapat memenuhi berbagai aspek baik strategis, operasional, taktik, teknik, dan prosedur serta aspek psikologis dan Litbang.

Baca juga:  PERINGATAN HARI BHAKTI KE – 65 DI LANUD SOEWONDO

TNI Angkatan Udara Gelar Latihan Angkasa Yudha 2014
Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito memberikan ucapan selamat melaksanakan latihan Angkasa yudha 2014 kepada perwakilan peserta di Seskoau, Lembang Bandung, Selasa (18/11) (foto: Dispenau).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel