TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TNI Angkatan Udara Tetap Memiliki Tekad Dan Komitmen Yang Kuat

By 09 Apr 2018Berita
HND_5824

TNI AU. “Perkembangan lingkungan strategis serta pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan, memicu munculnya bentuk ancaman baru dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara serta hubungan antar negara seakan tanpa batas, menyebabkan tantangan yang dihadapi Angkatan Udara kedepan semakin berat. Menghadapi berbagai tantangan terhadap dinamika tersebut, TNI Angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk dapat mewujudkan hasil yang optimal dengan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Udara yang dimiliki saat ini”, demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna,SE.,M.M. pada upacara memperingati HUT TNI Angkatan Udara Ke-72 yang dibacakan Kaskoopsau II Marsma TNI Julexi Tambayong yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati HUT TNI AU Ke-72 di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (9/4).

Upacara diikuti seluruh anggota Militer dan Pegawai negeri Sipil Makoopsau II, Kosekhanudnas II, Lanud Sultan Hasanuddin , Wing 2 Paskhas, Denhanud 472 dan Batalyon Komando 466 Paskhas. Upacara yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh khidmat di hari jadi ke-72 TNI AU itu mengusung tema “Dilandasi Jiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, dan Modern, TNI Angkatan Udara Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Selanjutnya dalam amanatnya Kasau menyampaikan, “membangun kekuatan udara yang diinginkan tentunya tidak bisa dalam waktu sekejap serta tidak mungkin menunggu musuh datang menyerang atau mengeksplorasi potensi yang ada di wilayah dirgantara nasional, namun perlu sebuah konsep strategis dengan elemen yang terkait dengan tujuan, kepentingan, sasaran, kebijakan dan komitmen serta program-program yang realistis, berlanjut dan berkesinambungan. Untuk itu, kebijakan “Minimum Essential Force” dan rencana strategis TNI AU merupakan jawaban yang tepat dan terus dilaksanakan”, demikian tegasnya.

 Kasau juga menegaskan untuk terus mendukung salah satu program pemerintah yang menjadi prioritas nasional yakni menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara, serta mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dimana TNI AU harus memiliki kemampuan yang optimal untuk melaksanakan Maritime Air Strike dan Maritime Air Support.

Diakhir amanatnya Kasau menyinggung bidang kesejahteraan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan prajurit, diantaranya meningkatkan remunerasi, tunjangan perbatasan dan program pembangunan 1000 rumah non dinas melalui tabungan wajib perumahan, serta membangun postur TNI AU yang lebih kuat melalui pembentukan Komando Operasi TNI AU III (Koopasu III).

Usai upacara parade dirangkaikan dengan syukuran dan panggung prajurit di Hanggar Skadron Udara 11 dan dihadiri beberapa pejabat TNI dan Undangan. Rangkaian acara HUT ke-72 TNI AU khususnya di Makassar akan dilanjutkan dengan kegiatan yang tak kalah meriah yakni Bulan Dirgantara 2018 dengan menggelar Air Force Run, Drag Race, Static Show, Terjun payung, Lomba Foto Dirgantara, serta Gebyar Dirgantara dan dimeriahkan artis dangdut ibukota Jenita Janet yang akan dipusatkan di Lanud Sultan Hasanuddin pada Sabtu 28 April mendatang pukul 07,00 wita. (Pen Hnd)

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Angkatan Udara Tetap Memiliki Tekad Dan Komitmen Yang Kuat