Berita

TNI AU Akan Tempatkan Satu Skadron C-130 Hercules di Makassar

Dibaca: 63 Oleh 26 Mar 2014Tidak ada komentar
TNI AU Akan Tempatkan Satu Skadron C-130 Hercules di Makassar
#TNIAU 

Sulawesi Selatan adalah central point dari Indonesia, sehingga pesawat-pesawat yang ditempatkan di Lanud Sultan hasanuddin disamping dapat menjaga wilayah Koopsau II, dapat juga menjangkau di seluruh wilayah Indonesia seperti halnya pesawat Sukhoi dan Boeing 737. 

Kedepan kita dapat mengembangkan satu Skadron yaitu Skadron Udara 33 yang diisi dengan pesawat C-130 Hercules, karena TNI AU sangat berkepentingan  menempatkan  pesawat yang sangat strategis sehingga bisa menjangkau dimanapun wilayang Indonesia yang dapat dikerahkan kapan saja. 

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia usai upacara serah terima jabatan Pangkoopsau II dari Marsda TNI Agus Supriatna kepada Marsma TNI Abdul Muis di Lapangan Mako Koopsau II Makassar, Selasa (25/3). 

Sedangkan Kasau Dalam sambutannya mengatakan, Sebagai Kotama pembinaan maupun operasional TNI Angkatan Udara, Koopsau II bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI Angkatan Udara dalam jajarannya dan melaksanakan operasi-operasi udara, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut,  di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. 

Baca juga:  Panglima TNI : Pergeseran Paradigma Perang Konvensional

Dihadapkan tuntutan tugas yang demikian berat, serta wilayah tanggung jawab Koopsau II yang demikian luas, tentunya diperlukan kehadiran seorang Panglima yang berkualitas, yang tidak saja mempunyai  komitmen, integritas, dan loyalitas tinggi terhadap organisasi tetapi juga sekaligus mampu membangun sinergitas dan soliditas yang kuat. 

Terkait dengan hal tersebut,  tentunya modernisasi dan penambahan Alutsista baru untuk TNI Angkatan Udara, khususnya untuk jajaran Koopsau II yang sudah diterima baru-baru ini, berupa pesawat angkut C-130 Hercules, Pesawat tempur Super Tucano, Sukhoi, dan T-50i Golden Eagle, hendaknya dapat mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas Koopsau II.   

Kasau mengingatkan, Koopsau II beserta jajarannya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan agar dengan cepat dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan stabilitas kawasan, baik yang bersifat gangguan keamanan maupun akibat bencana alam, juga senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan jajarannya, serta menjalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis, baik dengan unsur TNI – Polri, maupun masyarakat, sehingga keberadaan Koopsau II sebagai ujung tombak kekuatan pelaksanaan tugas TNI Angkatan dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Baca juga:  Kepala Staf TNI Angkatan Udara : “Air Power sebagai salah satu alat diplomasi”

TNI AU Akan Tempatkan Satu Skadron C-130 Hercules di Makassar
Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia menyerahkan Pataka Koopsau II kepada pejabat baru Marsma TNI Abdul Muis di Lapangan Mako Koopsau II Makassar, Selasa (25/3).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel