Berita

TNI AU Bakorda Bandung Menggelar Kegiatan Donor Darah

Dibaca: 5 Oleh 07 Apr 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Istilah tersebut juga dilakukan oleh TNI AU wilayah Bandung. Dalam rangka memperingati ke-69 Hari Jadi TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Udara wilayah Bakorda Bandung menyelenggarakan kegiatan Donor Darah, bertempat di Gedung Graha Antariksa Lanud Husein Sastranegara. Selasa, (7/4).

Kegiatan donor darah yang dimulai pukul 08.00 ini mendapat sambutan antusias dari personel TNI AU wilayah Bandung dengan terlihatnya pendonor yang memenuhi Graha Antariksa. Kesibukan tampak terlihat dari pihak panitia dan petugas PMI yang dengan sabar melayani pendonor yang ingin menyumbangkan darahnya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Satuan kerja TNI AU wilayah Bakorda Bandung yang mengikuti kegiatan donor darah meliputi, Koharmatau, Seskoau, Dislitbangau, Makorpaskhasau, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, Pusdiklat Paskhas, Depohar 10, Depohar 40, Depohar 70, Lafiau, Rumkit Salamun, Wingdiktekkal, dan Sesa Lanud Husein. Pada kegiatan donor darah tahun ini diikuti juga oleh staf Bandara Husein Sastranegara, staf dan mahasiswa Universitas Nurtanio dan BPA.

Baca juga:  Evaluasi Komponen Pendidikan Skadik 402 dan Skadik 403 di Lanud Adi Soemarmo

Menurut Ketua Panitia Pelaksanaan Donor Darah HUT TNI AU tahun ini, Mayor Tek Anis Azhar mengatakan bahwa momen kegiatan sosial ini ternyata sangat dinanti oleh PMI Tasikmalaya dan PMI Cianjur mengingat persediaan kantong darah di Kota tersebut semakin menipis, oleh karenanya dalam pelaksanaan donor ini tidak hanya melibatkan dari PMI Kota Bandung saja melainkan PMI Tasikmalaya dan PMI Cianjur.

Sementara menurut Kordinator dari pihak PMI, Bapak Ade Kurnia juga menyampaikan bahwa TNI AU Wilayah Bandung adalah merupakan salah satu pemasok darah terbanyak dan ini sangat membantu sekali dalam membantu penyediaan stok darah serta dalam membantu sesama. Tambahnya pula bahwa Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Karena saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan:

Menjaga kesehatan jantung

2. Meningkatkan produksi sel darah merah

Baca juga:  Lanud Sugiri Sukani Laksanakan Latihan Menembak

3. Membantu penurunan berat tubuh

4. Mendapatkan kesehatan psikologis

5. Mendeteksi penyakit serius

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel