Berita

TNI AU Bantu Tanggulangi Kebakaran di Cilacap

Dibaca: 13 Oleh 04 Apr 2011Tidak ada komentar
TNI AU Bantu Tanggulangi Kebakaran di Cilacap
#TNIAU 

Dua pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, Sabtu (2/4) malam, mendarat di Pangkalan Udara Adisutjipto. Kedatangan pesawat bernomor lambung A-1319 dan A-1320 tersebut membawa 109 drum berisi Fluoroprotein Foam Concentrate (foam). Ke-109 drum tersebut langsung dibawa ke Cilacap dengan menggunakan 6 truk milik Pangkalan Udara Adisutjipto. 

Seperti diketahui kebakaran hebat melanda kompleks kilang Pertamina Unit pengolahan IV Cilacap, Sabtu sekitar pukul 04.30 wib, yang bersumber dari tangki penampungan komponen pemacu kenaikan gas oktan (high octane mogas component/HOMC). Kobaran api muncul diawali suara ledakan dari dalam kilang. Api kemudian membesar hingga menyambar kilang lain. 

Nurul, Health Safety Environment dari Depo Rewulu menerangkan, foam yang dikirim dari Pertamina Jakarta melalui Lanud Adisutjipto tersebut sebanyak 21,8 ton dan direncanakan akan digunakan untuk menanggulangi kebakaran kilang minyak di Cilacap. 

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjpto, Kolonel Pnb Kustono menjelaskan, bantuan pergeseran foam dari Jakarta ke Yogyakarta ataupun dari Yogyakarta ke Cilacap selain untuk menindaklanjuti perintah langsung dari pimpinan TNI AU, juga merupakan salah satu wujud Operasi Militer Selain Perang.

Baca juga:  Lanud Wiriadinata Dukung Terbang Navex Siswa Transisi Helikopter

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel