Berita

TNI AU Dituntut Meningkatkan Kewaspadaan

Dibaca: 18 Oleh 17 Jun 2013Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Perkembangan situasi nasional masih diwarnai berbagai upaya untuk mengatasi krisis seperti gerakan separatis, terorisme, konflik horizontal dan masalah sosial lainnya. Selain itu makin meningkatnya suhu politik dengan diselenggarakannya pemilihan kepala daerah di beberapa provinsi serta makin dekatnya pesta demokrasi 2014.

“Situasi tersebut dapat menimbulkan berbagai kemungkinan yang amat dinamis, sarat perubahan, dan sulit untuk diprediksi. Untuk itu TNI AU dituntut meningkatkan kewaspadaan agar tidak mudah terpengaruh atau terpancing oleh isu-isu maupun provokasi dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab”, tegas Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi.

Penegasan Aspam Kasau tersebut disampaikan pada upacara 17-an di Mabesau, Cilangkap Senin (17/6). Diikuti para pejabat di lingkungan Mabesau, perwira, bintara, tamtama, dan PNS.

Dikatakan, fungsi intelijen tidak dapat berdiri sendiri. Intelejen akan kuat jika terjalin sinergisitas dari setiap komponen organisasi dan personel TNI AU. Oleh sebab itu, meningkatkan kemampuan di setiap bidang terutama kemampuan personel menjadi hal utama..

“Setiap satuan harus memegang teguh aturan dan prosedur pengamanan yang telah ditetapkan. Jangan sekali-kali lalai atau menganggap remeh prosedur dan aturan yang ada, khususnya untuk pengamanan warga negara asing yang akan memasuki satuan kerja yang ada di jajaran TNI AU harus mendapatkan ijin dan security clearance dari Spamau. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga keamanan institusi TNI AU”, ungkap Aspam Kasau.

Baca juga:  Malam Kenal Pamit Danlanud Supadio

Oleh karena itu, lanjutnya, fungsi pengamanan sesungguhnya merupakan tanggung jawab seluruh personel TNI Angkatan Udara, baik militer maupun PNS. Untuk itu, dalam diri setiap personel Angkatan Udara harus melekat sense of intelijen dan sense of security, yaitu kewaspadaan dan kepekaaan dalam membaca situasi dan kondisi yang terjadi di sekitarnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel