Berita

TNI AU Gelar Kemah Bhakti Saka Dirgantara

Dibaca: 12 Oleh 21 Jul 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pangkalan Angkatan Udara Lanud Astra Ksetra, Lampung yang berlokasi di Menggala, Tulang Bawang (TUBA), membuka acara perkemahan Bhakti Saka Dirgantara (KBSD) yang dimeriahkan dengan demo udara (Fly pass pesawat Pilatus, Paramotor, dan demo Aeromodelling).Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-63 yang sebelumnya juga diisi dengan berbagai kegiatan besar seperti bakti sosial berupa pengobatan massal sebanyak 500 pasien di daerah Transkimau Lampung Utara, kegiatan pelatihan Aeromodelling, serta kegiatan sosial lainnya.


Komandan Laund Astra Ksetra, Letkol Pnb Dodi Fernando, S. E, mengatakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan bagi generasi muda di luar lingkungan sekolah dan keluarga yang menggunakan prinsip metodik pendidikan kepanduan dengan tujuan membina, mendidik generasi muda Indonesia agar menjadi karier bangsa yang berkepribadian Pancasila.


Upacara pembukaan kemah bhakti ini dihadiri Gubernur Lampung yang diwakili Kadispora, Drs. Agus Salim serta Ketua Kwartir daerah Gerakan Pramuka Ir. Hi. Rachmat Abdullah. Ketua Majelis Pimpinan Cabang se-Lampung diantaranya Dr. Hi. Abduurachman Sarbini, Hi. Bachtiar Basri, MH. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta undangan.

Baca juga:  Angota Komisi I DPR RI kunjungi Lanud Adisutjipto

Kemah Bhakti Dirgantara ini merupakan penggabungan kegiatan Gugus Depan Pramuka sebagai wadah pembinaan kepribadian pramuka dan satuan Karya Pramuka Dirgantara sebagai wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan. Selain itu juga menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan diri dalam perjalanan nasional.


Saka Pramuka Dirgantara ini merupakan satuan karya yang membidangi kegirgantaraan dan meliputi 3 krida, yakni Krida Olahraga Dirgantara (Terbang Bermotor, Terbang Layang, Aeromodelling, Terjun Payung, dan layang Gantung), Krida Pengetahuan Dirgantara (Aerodinamika, Pengaturan Lalu Lintas Udara, Meteorologi, fasilitas Penerbangan, dan Navigasi Udara), Kemudian Krida Jasa kedirgantaraan (Teknik Mesin Pesawat, Komunikasi, Aerial, Seart and Rescue, dan Struktur Pesawat).


Perkemahan yang diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota ini akan berlangsung selama 4 hari yakni 20-23 Juli 2010 mendatang. “ Kami berharap agar pemuda Indonesia dapat menghargai jasa-jasa kepahlawanan TNI AU dengan cara ikut melestarikan pengetahuan kedirgantaraan “kata beliau seusai menjadi inspektur upacara

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel