Berita

TNI AU Gelar Latihan Angkasa Yudha

Dibaca: 3 Oleh 13 Sep 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

TNI Angkatan Udara akan melaksanakan latihan puncak pada Oktober mendatang. Latihan puncak dengan sandi Angkasa Yudha dilaksanakan dalam dua sesi yaitu gladi Pos Komando (gladi posko) dan gladi lapangan (gladi Manlap). Persiapan latihan sendiri sudah berjalan berupa penyiapan rencana operasi dan rapat persiapan di Markas Kodikau, Kamis (13/9).

Menurut Direktur Latihan (Dirlat) Angkasa Yudha yang dijabat Komandan Kodikau Marsda TNI Ida Bagus Anom, dalam latihan ini akan dilaksanakan lima operasi udara yaitu operasi serangan udara strategis, lawan udara ofensif, pertahanan udara, operasi informasi dan operasi dukungan udara yang akan melibatkan kurang lebih dua ribu personel.

”Dalam latihan kali ini, TNI AU akan melaksanakan keseluruhan macam operasi udara, termasuk pengungsian medik udara sebagai bagian dari operasi dukungan udara yang sudah cukup lama tidak dimainkan. Selain itu, dalam latihan kali ini juga akan digelar salah satu operasi tempur TNI AU yaitu Operasi Informasi dalam bentuk latihan nyata” ujar Anom.

Gladi Posko akan dilaksanakan di Seskoau Lembang sedangkan manuver lapangan bertempat di Tanjung Pandan dengan melibatkan unsur pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Sebelum manuver lapangan TNI AU juga akan melaksanakan Bakti Sosial berupa pelayanan kesehatan Massal secara gratis pada masyarakat Tanjung Pandan berupa sunatan massal, operasi katarak, operasi bibir sumbing, perawatan gigi, kesehatan umum dan keluarga berencana. Bakti Sosial juga akan meliputi kegiatan pemutaran Film hiburan kepada masyarakat.

Baca juga:  GIAT LANUD SURYADARMA PADA HARI KEMERDEKAAN RI

Manuver lapangan yang akan dilaksanakan berupa demonstrasi operasi udara yang disaksikan pejabat pemerintah, pejabat militer, media massa dan masyarakat luas. Demonstrasi operasi udara akan menampilkan seluruh kekuatan pesawat-pesawat tempur, angkut dan helikopter TNI AU beraksi melaksanakan aneka kegiatan operasi udara. Demonstrasi meliputi penembakan bom dalam rangka serangan udara strategis, penembakan roket dan rudal dalam rangka serangan udara taktis dan bantuan tembakan langsung, penerjunan pasukan pengintai dari pasukan khas TNI AU serta penerjunan para menggunakan belasan pesawat angkut Hercules untuk menerjunkan ratusan pasukan lintas udara. Acara demonstrasi akan menampilkan simulasi operasi pencarian dan pertolongan tempur (Combat SAR) untuk menyelamatkan personel penerbang yang tertembak jatuh di area pertempuran. Rangkaian demonstrasi operasi udara ini bertujuan untuk membuktikan pada rakyat pencapaian kemampuan dan prestasi TNI AU hasil pendidikan dan latihan selama ini.

Ket. Gambar:

Paparan kesiapan keterlibatan Satgas Operasi Informasi pada rapat kesiapan latihan Angkasa Yudha 2012 di Markas Kodikau (13/9 2012)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel