Berita

TNI AU GELAR LATIHAN BERSAMA DENGAN USAF

Dibaca: 4 Oleh 21 Jun 2011Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Dede Rusamsi dengan didampingi Commander 13th Air Force USAF Lt. Gen Stanley T. Kresge membuka secara resmi Latihan Bersama TNI Angkatan Udara dengan USAF dengan sandi “Cope West 2011“. Latihan Bersama “Cope West 2011” antara TNI Angkatan Udara dalam hal ini Wing I Lanud Halim Perdanakusuma dengan USAF akan berlangsung lima hari ke depan, mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 24 Juni 2011 di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/6).

Marsdya TNI Dede Rusamsi dalam sambutannya menharapkan bahwa latihan ini akan sangat berarti untuk mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan baik yang selama ini telah terbina. Dan lebih khusus lagi dapat meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme personel yang terlibat bersama dalam latihan ini seperti dalam taktik dan teknis pengoperasian udara.

Lebih lanjut dikatakan Wakasau, akan ada banyak keuntungan yang didapat dari latihan ini. Sebab seperti yang diketahui bersama, kedua Angkatan Udara memiliki pendekatan dan prosedur pengoperasian udara yang berbeda dalam hal mengatur jenis latihan ini. Sehingga, kegiatan seperti ini merupakan kesempatan yang baik untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman yang tentunya akan membangun langkah-langkah yang komprehensif untuk melaksanakan latihan lebih tepat waktu dan tepat sasaran.

Baca juga:  CERAMAH SEHAT PIA ARDHYA GARINI LANUD EL TARI

Sementara itu, Lt. Gen (USAF) Stanley T. Kresge menyambut baik sambutan Wakasau dengan menyatakan kebanggaannya dapat berada di Indonesia dalam rangka latihan bersama yang diyakininya akan berlangsung dengan, baik, sukses dan lancar. “Dalam minggu yang akan berjalan ini, akan saling berbagi taktis, teknik dan prosedur dari operasi angkutan udara dan yang akhirnya akan meningkatkan kapabilitas yang lebih lagi” tegas nya.

“Apa yang kita kerjakan sekarang adalah tidak mudah karena perbedaan bahasa, budaya, geografi dan sejarah tetapi demi kesatuan adalah lebih penting daripada yang lainnya sehingga kita sebagai anggota dari keluarga Airmen, dapat saling berbagi akan kecintaan kedirgantaraan dan kepercayaan pada kekuatan udara”, ungkap Kresge yang terbang langsung dari Hickem Air Force Base, Hawaii. Ditambahkannya, kegiatan ini menurutnya akan membangun kebersamaan yang kuat bagi wilayah regional yang sejahtera dan damai. 

Kegiatan latihan bersama yang dilaksanakan selama lima hari ini meliputi Latihan Tactical Low Level, Cargo Drop dan Personel Drop serta unsur-unsur operator pesawat Hercules dengan melibatkan penerbang-penerbang beserta awak pesawat khususnya dari Skadron Udara 31 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma melibatkan 2 Hercules dan 3 Hercules dari pihak USAF yang didatangkan langsung dari 374 Air Lift Wing, Yokota Air Base, Japan.

Baca juga:  LANUD PADANG GELAR LATIHAN PHH

Jumlah personel yang terlibat berjumlah 137 dari Skadron Udara 31 dan Paskhasau serta 86 dari USAF. Usai acara pembukaan, langsung melaksanakan latihan, dengan jadwal hari ini USAF C-130 Flight Personnel Drop; diskusi kelas; TNI AU C-130 Flight CDS (Container Delivery System); dan setelah istirahat siang dilanjutkan dengan USAF C-130 Flight CDS Drop. Diakhiri dengan briefing evaluasi kegiatan hari ini. Sedangkan untuk area droping zone ditentukan di lapangan Detasemen TNI Angkatan Udara Gorda Tangerang, Banten. Turut hadir pada kesempatan ini, Asrena Kasau, Asops Kasau, Aspam Kasau, Pangkoopsau I, Danlanud Halim beserta pejabat lainnya.***

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel