Pustaka

TNI AU Operasi Tameng Petir Seminggu

Dibaca: 20 Oleh 18 Apr 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 
TNI AU Operasi Tameng Petir Seminggu

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN – Meski cuaca hujan, empat pesawat Sukhoi yang tiba dari skuadron 11 Makasar tetap terbang. Ini merupakan bagian dari latihan HANUD Kilat B/2012, Cakra B/2012 dan operasi Tameng Petir tahun 2012 di Lanud Balikpapan.

Latihan ini merupakan rangkai peringatan HUT TNI Angkatan Udara (AU) yang ke 66, TNI AU kembali menggelar latihan dengan melibatkan empat pesawat tempur Sukhoi. Ke empat pesawat tersebut kini berada di Lanud TNI AU Balikpapan.

“Kami akan menggelar latihan selama satu minggu, sambil menggelar static show,” kata Riva Yanto Komandan Lapangan Udara TNI Angkatan Udara, Balikpapan, Senin (16/4/2012).

“Latihan tempur melibatkan armada Sukhoi dari Makassar, Satuan Radar Balikpapan,” ungkap Riva.

Latihan selama satu minggu ini dibagi menjadi tiga bagian. “Pertama latihan yang kami beri nama Kilat/2012, kemudian Cakra/2012 dan Tameng Petir,” ujar Riva. Dalam latihan ini, TNI AU menerapkan Ground Control Interceprtion (GCI).

“Pesawat melakukan pencegatan dengan dipandu Satuan Radar, mereka (pilot) akan dipandu oleh dengan radar, ditentukan kecepatan, ketinggian dan sebagainya,” jelas Riva.

Selain itu, Rencananya TNI AU juga akan menggelar latihan force down.

Sumber: http://www.tribunnews.com

Baca juga:  F-15 Arab Saudi Jatuh Saat Latihan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel