Berita

TNI AU Perkenalkan Kesehatan Penerbangan Kepada Dokter Dan Petugas Kesehatan Kab. Parigi Mountong

Dibaca: 206 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kepala Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa TNI AU Dr. Saryanto Marsma TNI dr. IGN Totok Sukamto M.H.Kes, Sp.KP., bersama tim Kesehatan TNI Angkatan Udara mengadakan seminar sehari tentang “Penanggulangan Kegawat Daruratan dan Evakuasi medik Udara” bagi dokter dan petugas kesehatan yang bertugas di Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng. Sabtu (12/9).

Kalakespra dalam sambutannya mengatakan, kesehatan penerbangan merupakan salah satu ilmu kedokteran yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengaruh penerbangan terhadap tubuh. Salah satu aplikasinya yang terpenting adalah menjaga kesehatan agar para penerbang dan awak pesawat serta penumpang yang mempergunakan pesawat udara sebagai modal transportasi harus tetap sehat.

Seminar ini bertujuan agar para peserta memahami tentang pengaruh ketinggian terhadap fisiologi tubuh dan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengungsian medik udara, serta cara penanganan dini pada kegawat daruratan mengenai life saving, cedera kepala, penyakit jantung dan akut abdomen, jelasnya.

Wakil Gubernur Sulteng Bp. Sudarto menyatakan terima kasih kepada TNI Angkatan Udara dengan diselenggarakan kegiatan seminar kesehatan penerbangan yang memang masih awam bagi petugas kesehatan dan masyarakat Parigi moutong selain itu juga digelarnya bakti sosial kesehatah operasi katarak dan pembagian kacamata baca.

Baca juga:  Latihan komlek Omega 2011 di Lanud Tanjungpinang

Dengan pentingnya kesehatan penerbangan, Wagub berharap kepada semua operator penerbangan untuk memiliki pramugari yang berkualifikasi perawat kesehatan disetiap pesawat terbang, sehingga bila terjadi permasalahan kesehatan pada penumpang dapat ditangani dengan cepat, harapnya.

Seminar yang diadakan dalam dua sesi tersebut, disesi pertama membahas tentang Penanganan Kegawat Daruratan menampilkan empat pembicara masing-masing Mayor Kes dr. C.A. Suryo, Sp. An tentang life saving pada kegawat daruratan, Kolonel Kes DR. Dr. Isdwiranto, Sp.BS (K), Sp.KP., tentang penangan dini pada cedera kepala, Letkol Kes dr. Rahadian, Sp.JP., tentang penanganan dini pada kasus daruratan penyakit jantung, serta Letkol Kes dr. Harijadi Tawan, Sp.B., tentang penanganan dini pada kasus akut abdomen.

Sedangkan di sesi kedua pembicara pertama Letkol Kes dr. Eka P, Sp. KFR tentang pengaruh penerbangan pada fisiologi tubuh, serta Mayor Kes dr. M. Samego, M.S, Sp.KP., tentang pengungsian medik udara.

Seminar diikuti oleh para dokter, dokter spesialis, dokter umum serta para perawat dan paramedis di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Serta dihadiri ketua IDI Parigi Moutong Dr. Abdul Karim, Sp.OG, Wakil Bupati Parigi Moutong Bandun Enggai, Kadiskes Provinsi Sulteng, Kadiskes Kab. Parigi Moutong, serta para pejabat FKPD Sulteng.

Baca juga:  Danlanud Rsn Semai Ribuan  Ikan Lele

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel