TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TNI AU-RSAF Gelar Latihan “Manyar Indopura XVI/18”

By 05 Mar 2018Berita
IMG_5026

TNI AU. TNI AU dan RSAF (Republic of Singapore Air Force) kembali menggelar Latihan Bersama (Latma) dengan sandi Manyar Indopura XVI/18 di Lanud Roesmin Nurjadin, yang secara resmi dibuka melalui sebuah upacara pembukaan yang berlangsung di Ruang Arjuna Lanud Rsn, Senin (5/3) sore.

Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan, selaku Direktur Latihan dari TNI AU, mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral diantara kedua negara dan juga kedua Angkatan Udaranya, serta meningkatkan profesionalisme bagi para personelnya dalam melaksanakan tugas.

“Disamping itu, latihan ini juga dapat menjadi sebuah ajang kesempatan yang baik untuk dapat berbagi pengetahuan serta pengalaman yang akan berguna bagi para personelnya di masa depan”, tambah Kadisops.

Sementara itu Ltc Christien Sim, Deputy Exercise Director dari RSAF mengatakan bahwa latihan ini merupakan kesempatan yang baik untuk semakin memperkuat persahabatan diantara Indonesia dan Singapura, serta TNI AU dan RSAF.

“Dan persahabatan tersebut akan semakin kuat dan erat melalui latihan yang akan kita laksanakan ini”, lanjutnya.

Baik Letkol Pnb Jajang Setiawan maupun Ltc Christien Sim sama-sama mengharapkan bahwa latihan ini akan dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar hingga latihan berakhir.

Di tempat terpisah, Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., juga menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu mengutamakan faktor safety dan keamanan, agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat hingga selesainya latihan.

Latihan ini sendiri akan melibatkan satu helikopter EC 725 Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor serta dua pesawat helikopter Super Puma dari 125th Squadron RSAF, serta didukung oleh sekitar enam puluh personel baik dari TNI AU maupun RSAF.

Rencananya latihan ini akan berlangsung hingga tanggal 14 Maret mendatang, dimana personel dari kedua Angkatan Udara akan melaksanakan beberapa latihan yang berhubungan misi Search and Rescue (SAR) seperti evakuasi medis, ataupun Combat SAR.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

TNI AU-RSAF Gelar Latihan “Manyar Indopura XVI/18”