Berita

TNI AU SELENGGARAKAN MTQ XV 2007

Dibaca: 16 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

MTQ tingkat TNI AU diselenggarakan secara berkesinambungan setiap dua tahun sekali, sebagai upaya meningkatkan pembinaan mental personel dan keluarga besar Angkatan Udara. Demikian sambutan Kasau yang disampaikan Wakasau Marsdya TNI Wresniwiro pada pembukaan MTQ XV TNI AU tahun 2007 di Auditorium Mabesau Cilangkap, Selasa (28/8).

 

Dikatakan lebih lanjut, dalam konteks Islam, membaca dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an merupakan keharusan yang dimulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa untuk dijadikan pedoman dalam hidup dan kehidupannya, sehingga dapat tercapai kebahagian di dunia dan akhirat kelak.

 

Al-Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, jelas Kasau, hendaknya dapat dijadikan pedoman dan palsafah hidup bagi seluruh umat Islam. Al-Qur’an pertama kali diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW melalui perantara Malaikat Jibril di dalam Gua Hiraa, dengan kata pertama berbunyi “Iqraa” yang berarti “bacalah”. Arti kata “bacalah” menurut para ahli tafsir merupakan kalimat perintah bagi kita untuk belajar dan mempelajari seluruh aspek yang tergelar di jagar raya ini, sehingga umat Islam dapat menguasai ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan umat Islam akan menjadi lebih bijaksana dalam meniti kehidupannya, baik dalam hubungan dengan Tuhannya maupun dengan sesama umatnya.

Baca juga:  Personel Lanud Medan Menembak

 

Setiap ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an merupakan pedoman bagi seluruh umat muslim dalam beriteraksi, baik antara manusia dengan Tuhannya (habblum Minnallah) maupun manusia dengan manusia (habblum Minnannas). Kedua hubungan tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan dunia dan akhirat, ujar Kasau.

 

Pada MTQ (seni baca Qur’an) XV memperlombakan empat golongan yaitu golongan pria dewasa, golongan wanita dewasa, golongan remaja putra dan golongan remaja putri. Sedangkan MFQ (pemahaman Qur’an) X peserta terdiri dari beregu militer, PNS, remaja dan anak-anak, serta MHQ (hapalan Qur’an) V melombakan golongan pria dewasa, wanita dewasa, remaja dan anak-anak.

 

Lomba MTQ XV diikuti sebanyak 99 kafilah dan opicial yang terdiri dari seluruh kotama TNI AU yang meliputi Kohanudnas, Koopasau I, Koopsau II, kodikau, Koharmatau, AAU, Seskoau, Korpaskhasau dan Denma Mabesau. Para pemenang MTQ kali ini akan diikutsertakan dalam lomba ditingkat Mabes TNI (antar angkatan) serta akan ikutkan pula ditingkat internasional yang diselenggarakan di Arab saudi.

 

Ibadah Haji

Baca juga:  PASIS SEKKAU ANGKATAN KE-96 KUNJUNGI KEPULAUAN RIAU

 

Empat pemenang MTQ TNI AU ke XIV yang diselenggarkan pada tahun 2005, pada musim haji tahun 2007 ini diberikesempatan untuk menunaikan ibadah Haji ke Mekkah dengan fasilitas dinas TNI AU sebagai hasil pemenang lomba. Empat pemenang itu masing-masing Serka Ahmad Ridlwan (anggota Yanpers Dinas Personel Lanud Halim Perdanakusuma), Pratu Mustangin (Wing II Paskhas 463 Lanud Iswahjudi, Madiun), Ny. Cucu Jumiasih (istri Pegawai Negeri Sipil TNI AU Ayat Supriatna, anggota Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung), dan Hj. Li Azkhiyah (istri Serma A Hishom, anggota Satsik Denmabesau, Jakarta).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel