Berita

TNI AU SELENGGARAKAN SARASEHAN BINTAL IDEOLOGI DAN TRADISI KEJUANGAN

Dibaca: 47 Oleh 28 Jun 2013Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Sarasehan dapat dijadikan sebagai media untuk saling berkoordinasi serta memberi masukan sehingga menjadi suatu konsep dalam upaya mening­katkan pembinaan mental ideologi dan tradisi kejuangan personel TNI Angkatan Udara saat ini maupun dimasa mendatang.

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia yang disampaikan Wakasau Marsdya TNI Sunaryo pada saresehan pembinaan mental ideologi dan tradisi kejuangan di Mabesau Cilangkap, baru-baru ini.

Dikatakan, aplikasi dan implementasi butir dari nilai-nilai Pancasila ditengah masyarakat Indonesia belakangan ini terus meredup, berbagai pengaruh yang menyertai globalisasi datang bertubi-tubi sehingga mengakibatkan menipisnya rasa nasionalisme maupun ketidakmengertian tentang Pancasila, dari anak bangsa maupun komponen bangsa dalam bermasyarakat dan bernegara.

Keyakinan masyarakat terhadap Pancasila juga terus tergerus sebagai akibat liberalisme politik yang lebih memprioritaskan golongan. Kekerasan dan intoleransi yang sekarang terjadi juga berkontribusi sehingga masyarakat seolah kehilangan masa depan.

Karena itu nilai-nilai Pancasila tidak boleh meredup sebab sampai kapanpun Pancasila tetap dibutuhkan untuk memayungi heterogenitas masyarakat Indonesia. Pancasila harus dipertahankan atas dasar keinginan meneruskan warisan tradisi atas keragaman budaya, agama, moral, etika dan sebagainya, jelasnya.

Baca juga:  Lanud Sultan Hasanuddin Siaga 1

TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral TNI, merupakan salah satu inti kekuatan pertahanan negara di udara, memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam mengamankan ideologi negara Pancasila dari pengaruh ideologi lain yang dapat merusak nilai tatanan.

Selain itu juga nilai-nilai kejuangan yang telah ditanamkan para pejuang dan pendahulu bangsa Indonesia agar tetap kokoh dan tidak mengalami pergeseran sebagai akibat pengaruh perkembangan dinamika kehidupan global saat ini, ungkap Kasau.

Saresehan pembinaan mental ideologi dan tradisi kejuangan menghadirkan pembicara mantan Kasau Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, Ketua MK Mahfud M.D., dan Brigjen TNI D Ponco Oesodo dari Pusbintal TNI.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel