TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TNI AU Siap Amankan Perhelatan Asian Games XVIII Aspek Udara

By 20 Apr 2018Berita Utama
WhatsApp_Image_2018-04-20_at_06.23.32

TNI AU. Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Koppsau I) melaksanakan latihan pengamanan VVIP mengantisipasi terjadinya keadaan kontijensi/darurat dalam rangka menyongsong perhelatan Asian Games XVIII di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (19/4). Latihan pengamanan tersebut juga melibatkan personel dari Lanud Halim Perdanakusuma, Rumah Sakit Angkatan Udara dr. Esnawan Antariksa serta Batalyon Komando Paskhas 461/Cakra Bhaskara.

Dalam latihan tersebut diskenariokan bahwa obyek pejabat VVIP yang berada di bandara Halim Perdanakusuma bersama dengan para tamu negara lainnya, tertahan di bandara karena adanya konsentrasi massa yang melakukan penghadangan di akses keluar bandara dan cenderung mulai bertindak anarkis.

Melihat situasi yang semakin memanas dan mulai mengancam keselamatan obyek pejabat VVIP, dengan sigap Tim Penyelamatan (Tim Matan) dari Lanud Halim Perdanakusuma dan Batalyon Komando Paskhas 461/Cakra Bhaskara berusaha menyelamatkan pejabat VVIP dan tamu negara menjauh dari bandara Halim dengan menggunakan jalan darat. Namun dalam perjalanan keluar bandara dihadang sekelompok pendemo yang berbuat anarkis dan brutal.

Tim Matan berusaha mengatasi gangguan tersebut dengan berbalik arah kembali ke bandara dan segera membawa obyek pejabat VVIP dan tamu negara lainnya ke helikopter TNI AU EC-725 Cougar untuk dievakuasi melalui udara menuju arena pembukaan Asian Games XVIII di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan dengan selamat.

Asisten Operasi (Asops) Koopsau I, Kolonel Pnb Bayu Hendra yang mewakili Pangkoopsau I Marsda TNI Nanang Santoso, mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang prosedur, tindakan serta mekanisme pengamanan VVIP/VIP apabila dihadapkan dengan situasi kontijensi atau darurat.

“Dalam latihan ini diharapkan agar seluruh personel di satuan jajaran Koopsau I memiliki kemampuan dan keterampilan yang andal untuk melaksanakan tugas pengamanan VVIP/VIP secara berhasil dan berdaya guna dalam rangka terwujudnya kesiapsiagaan operasional satuan jajaran Koopsau I dalam menghadapi perhelatan Asian Games XVIII di Jakarta,” ujar Asops Koopsau I.

Latihan ini melibatkan 2 helikopter EC-725 Cougar dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, 2 pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, 150 Komando Latihan Koopsau I, 440 personel Lanud Halim Perdanakusuma, 15 personel Lanud Atang Sendjaja, 265 personel Batalyon Komando Paskhas 461/Cakra Bhaskara dan 55 personel RSAU dr. Esnawan Antariksa.

Dalam latihan ini, Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) Lanud Halim Perdanakusuma juga berlatih mengatasi dan menghalau massa pendemo yang anarkis. Selain itu latihan ini juga mendemonstrasikan kesigapan tim medis dari RSAU dr. Esnawan Antariksa Lanud Halim Perdanakusuma dalam penanganan medis serta melaksanakan evakuasi medik udara menggunakan pesawat CN-295.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

TNI AU Siap Amankan Perhelatan Asian Games XVIII Aspek Udara