Berita

TNI AU Siap Laksanakan Tugas Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Inovatif dan Kemanunggalan bersama Rakyat

HND_9435
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. “Peringatan ke-73 Hari TNI Angkatan Udara tahun 2019, dilaksanakan secara sederhana. Konsep kegiatan peringatan tahun ini adalah “Pesta Rakyat”, sebagai manifestasi kemanunggalan TNI Angkatan Udara dengan rakyat, TNI Angkatan Udara lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat”.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,M.M. pada upacara memperingati HUT TNI Angkatan Udara Ke-73 yang dibacakan Inspektur Koopsau II Kolonel Tek M. Sardar Gaffar, S.T., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati HUT Ke-73 TNI AU di apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (9/4).

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana dan penuh khidmat diikuti seluruh anggota Militer dan Pegawai Negeri Sipil Makoopsau II, Kosekhanudnas II, Lanud Sultan Hasanuddin , Wing 2 Paskhas, Denhanud 472 dan Batalyon Komando 466 Paskhas.

Peringatan tahun ini mengusung tema “Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Inovatif dan Kemanunggalan Bersama Rakyat, TNI Angkatan Udara Siap Melaksanakan Tugas Matra Udara dalam Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Selanjutnya Kasau menyampaikan berbagai capaian selama tahun 2018 merupakan prestasi yang harus ditingkatkan oleh segenap prajurit TNI Angkatan Udara pada tahun 2019. Pada tahun 2019, sangat bernilai strategis bagi TNI Angkatan Udara karena merupakan tahun terakhir Renstra Tahap III dan MEF Tahap II Tahun 2015-2019.

“Beberapa program prioritas TNI Angkatan Udara yang yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 adalah melanjutkan program road to zero accident untuk mempertahankan zero accident, mempercepat program pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan sistem pertahanan udara serta pembangunan Network Centric Warfare TNI Angkatan Udara akan membentuk satuan baru yaitu Skadud 33, Skadud 27, Satrudal Pam Ibukota serta 3 Detasemen Hanud di Iswahyudi Madiun, Roesmin Nurjadin Pekan Baru dan Raden Sjadad Ranai. Beberapa Lanud akan ditingkatkan menjadi tipe A, yaitu Lanud Adisoemarmo, Eltari, Sam Ratulangi, berikutnya Lanud Tipe C akan dibangun di Batam, Saumlaki, Wamena, serta ditambah Pos Angkatan Udara di Sorong,” tambah Kasau.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April, Kasau mengharapkan kepada seluruh personel agar dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik di internal TNI Angkatan Udara, antar angkatan, serta antar lembaga pemerintahan, termasuk dengan Polri serta tetap memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu tahun 2019, meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperilaku di lingkungan masyarakat, sehingga tidak mudah terprovokasi dan jangan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik TNI Angkatan Udara.

Di akhir sambutannya, Kasau menggugah semangat seluruh personel dan generasi penerus TNI Angkatan Udara, agar bekerja lebih baik pada masa mendatang.
Usai upacara parade dilanjutkan dengan syukuran di Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin dan dihadiri beberapa pejabat TNI dan Undangan. Rangkaian acara HUT ke-73 TNI AU khususnya di Makassar telah melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah, doa bersama dan ziarah.

Leave a Reply