Berita

TNI AU dan US SOCPAC Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Medan

Oleh 02 Mar 2020 Tidak ada komentar
TNI AU dan US SOCPAC Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Medan
#TNIAU 

TNI AU.  MEDAN, DISPENAU. Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dan United States Special Operation Command Pacific (US SOCPAC) SFOD-A 1335 menggelar latihan bersama Joint Combined Exchange Training (JCET) Arrow Iron 2020 di Pangkalan TNI AU Soewondo, Medan, Sumatera Utara, Senin (2/3/2020).

Asisten Operasi Korpaskhas Kolonel Pas Ahmad Sunawar Qodri mengatakan, latihan bersama antara Indonesia dengan Amerika Serikat ini melibatkan salah satu Pasukan khusus kedua negara dimana Indonesia melibatkan pasukan khusus TNI AU dari Satbravo 90 Paskhas dan Amerika Serikat melibatkan United States Special Operation Command Pacipic (US SOCPAC) SFOD-A 1335.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, saling bertukar kemampuan, pengetahuan, taktik dan teknik pertempuran serta proses pengambilan keputusan dalam pelaksanaan operasi,” ujar Asops Korpaskhas.

Lebih lanjut Asops Korpaskhas menegaskan, skenario latihan difokuskan pada materi counter terrorism yakni upaya penanggulangan ancaman terorisme berupa kemungkinan ancaman penyanderaan yang dilaksanakan oleh kelompok teroris tertentu yang menyandera warga negara Indonesia dan warga negara Amerika serikat yang sedang berkunjung ke daerah Medan maupun kemungkinan tempat-tempat lain.

Baca juga:  PIA ARDHYA GARINI LANUD NGURAH RAI MENGADAKAN SYUKURAN HUT PIA KE-61  

Kegiatan latihan ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 22 maret 2020 di buka secara resmi oleh Asops Korpaskhas Kolonel Pas Ahmad Sunawar Qodri dan Atase Pertahanan Udara Amerika Serikat Kolonel Brian McCullough.

Pada pelaksanaan JCET Arrow Iron 2020 kedua belah pihak melibatkan personil sejumlah 33 orang yakni 10 orang dari SFOD-A 1335 dan 23 orang dari Satbravo 90 Paskhas.

Kegiatan lain melaksanakan cultural submersion yakni melaksanakan kegiatan olahraga bersama dan kunjungan wisata budaya serta kegiatan donasi ke sekolah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel