Berita

TNI AU Tingkatkan Kemampuan Operasi Informasi

Dibaca: 66 Oleh 20 Feb 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Tsunami Globalisasi telah melanda dunia akibat kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Barang siapa yang menguasai informasi, baik memiliki, menciptakan, menyalurkan, mengolah atau mendistribusikan informasi akan memiliki kekuatan untuk menguasai instrumen kekuatan nasional dalam persaingan global.

Demikian pernyataan Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia dihadapan pejabat TNI AU strata kolonel keatas se-Jakarta yang menghadiri acara coffee morning di Mabesau Rabu (19/2). Acara diawali dengan penandatanganan Mou antara TNI AU, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) terkait penyelenggaraan pengamanan persandian dan pengamanan teknologi informasi. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Peran Lemsaneg Dalam Pengamanan Informasi Untuk Mendukung Pertahanan Dan Keamanan NKRI yang dibawakan oleh Deputi III Lemsaneg Brigjen TNI Rully Nursanto.

Dikatakan, terbongkarnya kasus kebocoran informasi seperti penyadapan dan penyerangan oleh badan – badan intelejen asing terhadap situs serta jaringan milik pemerintah, berdampak pada kerusakan dan hilangnya data yang terdapat pada server.

“Ketidaktahuan kita sampai ada informasi lewat media dari pembocor merupakan contoh kurangnya kewaspadaan dan kesadaran pentingnya pengamanan dan penggunaan teknologi informasi. Upaya pengamanan tidak hanya sebatas pada penggunaan teknologin namun lebih kepada kesadaran tentang pengamanan informasi oleh sumber daya manusia kita”, tegas Kasau.

Baca juga:  Pangkohanudnas Hadiri Syukuran HUT ke-49 KORPRI

Menurut Brigjen TNI Rully Nursanto, sistem persandian negara adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengamanan informasi rahasia negara meliputi data dan informasi terkait jaringan komunikasi yang digunakan. Untuk itu, TNI khususnya TNI AU harus terintegrasi dengan Lanud – Lanud yang ada disetiap jajarannya untuk melakukan persandian, dimana diawaki langsung oleh orang – orang intelejennya.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakasau Marsdya TNI Sunaryo, Kepala Lapan Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Kepala Lemsaneg Dr. Djoko Setiadi, M.Si, Irjenau Marsda TNI JFP. Sitompul, Asrena Kasau Marsda TNI Mawardi, Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi, Asops Kasau Marsda TNI Bagus Puruhito, Aslog Kasau Marsda TNI IB Anom, Dankorpaskhas Marsda TNI Mujahidin Harpin Ondeh, serta pejabat TNI AU lainnya berpangkat Kolonel keatas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel