Berita

TNI AU TURUT PERINGATI BANDUNG LAUTAN API

Dibaca: 7 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Banyak peristiwa dan peperangan yang terjadi di Kota Bandung, salah satunya yang cukup terkenal adalah peristiwa Bandung Lautan Api (BLA). TNI AU Bakorda Bandung mengirimkan satu peletanon gabungan Bintara/Tamtama dan satu peleton Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) guna turut serta mengikuti upacara peringatan peristiwa BLA yang berlangsung di Taman Tegallega, Kamis (24/3).

 

Wakil Walikota Bandung Bapak H. Ayi Vivananda bertindak selaku Inspektur Upacara, sementara Komandan Upacara berasal dari TNI AD. Upacara diikuti pasukan dari TNI AD, AL, AU, Polri, Pegawai Negeri, Veteran, Pelajar, Pramuka, penggemar sepeda ontel, serta perwakilan dari organisai masyarakat.

 

Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan peristiwa dimana kota Bandung saat itu lebih baik dibakar oleh rakyatnya sendiri daripada jatuh ke tangan musuh. Peristiwa yang mengilhami lagu Halo-halo Bandung itu terjadi pada tanggal 24 Maret 1946 malam, sehingga akhirnya setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Peristiwa Bandung Lautan Api. Semangat para pejuang untuk mempertahankan kota Bandung agar tidak menjadi “rumah” yang nyaman bagi para musuh dibuktikan dengan pembumihangusan kota Bandung ketika para pejuang tersebut bersama-sama dengan warga harus meninggalkan kota karena ultimatum dari tentara Inggris serta untuk kepentingan diplomasi pemerintah pusat.

Baca juga:  PENUTUPAN LATIHAN SURVIVAL DI LANUD SUPADIO

 

Semangat inilah yang harus terus dipupuk oleh generasi kini yang telah hidup nyaman di Kota Bandung untuk terus memelihara dan menjaga Kota Bandung agar selalu menjadi kota yang senantiasa menghargai jasa para pejuang dahulu serta menjadi kota yang bermartabat sesuai moto kota Bandung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel