Berita

TNI AU Wilayah Medan Gelar Bakti Sosial Donor Darah dan Pembagian Sembako

Oleh 22 Jul 2019 Juli 23rd, 2019 Tidak ada komentar
Tni Au Wilayah Medan Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dan Pembagian Sembako
#TNIAU 

TNI AU.   Dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 tahun 2019, Personel TNI Angkatan Udara di wilayah Medan melaksanakan Bakti Sosial bertempat di aula Silindung Lanud Soewondo. Bakti sosial yang dilaksanakan berupa donor darah dan pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar Lanud Soewondo, Senin (22/7).

Kegiatan donor darah yang dimulai sejak pagi, berhasil menyumbangkan sebanyak 103 kantong darah dengan 131 pendaftar dari keluarga besar TNI AU wilayah Medan, serta membagikan paket Sembako sebanyak 300 paket  kepada masyarakat yang kurang mampu.

Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey pada acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan sepintas tentang sejarah Hari Bakti TNI Angkatan Udara yaitu dimana pada waktu 72 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 29 Juli 1947 merupakan hari bersejarah bagi Angkatan Udara Republik Indonesia karena pada hari itu tiga penerbang dan tiga juru tembak berhasil melaksanakan serangan  terhadap tangsi militer Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa, karena belanda sebelumnya telah menyerang wilayah RI, termasuk pangkalan udara di jawa dan sumatera pada tanggal 21 juli 1947. Dengan menggunakan pesawat peninggalan Jepang  yang berhasil diperbaiki, operasi ini juga merupakan operasi udara  pertama AURI sejak berdiri 1946. Namun pada sore harinya Indonesia diliputi suasana duka, sebab pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia, ditembak jatuh oleh dua pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda. Peristiwa ini menyebabkan gugurnya 3 perintis Angkatan Udara yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr Abdurachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Witjokusumo.

Untuk mengenang dan mengabadikan peristiwa tersebut, sejak tanggal 29 Juli 1955 diperingati sebagai hari berkabung AURI, namun mulai tanggal 29 Juli 1962 diubah menjadi Hari Bakti TNI AU dan sejak saat itu seluruh warga TNI AU memperingatinya dengan bermacam kegiatan sosial.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa, bagi keluarga besar TNI Angkatan Udara, khususnya yang berada diwilayah Medan (Kosek Hanudnas III, Lanud Soewondo, dan Wing III Paskhas), melaksanakan Bakti Sosial ini sebagai wujud bakti terhadap masyarakat berupa Donor Darah, serta Pembagian paket bingkisan Sembako bagi masyarakat yang kurang mampu.  Saya sampaikan juga bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama antara TNI AU di Medan dengan  PMI  kota Medan dengan maksud membantu untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah, serta Pembagian Sembako yang kita laksanakan ini kerjasama antara TNI AU di Medan dengan Vihara Sinar Buddha (BLIA) guna membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Harapan saya, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan silahturahmi antara TNI khususnya TNI AU yang ada di wilayah Medan dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat yang berada di sekitar wilayah  kota Medan ini, pungkas Danlanud.

Pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari ini turut dihadiri oleh Panglima Kosekhanudnas III beserta para asisten, Wadanwing III Paskhas, para Kepala Dinas Lanud Soewondo, Presiden BLIA bapak Antony Ho beserta pengurus, pengurus PIA AG cabang 15/D. I Lanud Soewondo, Pengurus IKKT Kosekhanudnas, pengurus PIA AG Gabungan Wing III dan Yonko 469 Paskhas.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel