Pustaka

TNI dan ICRC Tingkatkan Kerjasama

Dibaca: 35 Oleh 13 Apr 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. menerima kunjungan Head of Regional Delegation International Committee of the Red Cross (ICRC) Mr. Frederic Fournier, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (12/4).

Kunjungan Delegasi ICRC dalam rangka silahturahmi dan perkenalan Mr. Frederic Fournier sebagai Head of Regional Delegation ICRC yang baru menggantikan Mr. Vincent Nicod yang akan bertugas ke Tokyo, Jepang.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Frederic Fournier mengatakan bahwa organisasi ICRC membuka peluang kerja sama dengan Indonesia, khususnya para Purnawirawan TNI yang memiliki disiplin ilmu hukum humaniter untuk bergabung dengan Komite Internasional Palang Merah. Selama ini organisasi ICRC telah menjalin kerja sama dengan TNI, khususnya dalam bidang pendidikan dan penyuluhan hukum humaniter.

Delegasi ICRC sangat mengapresiasi perkembangan demokrasi yang terjadi di Indonesia. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia berhasil menjalankan demokrasi dengan sangat baik.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kerja sama yang telah dibangun selama ini antara TNI dan ICRC serta berharap kerja sama seperti ini dapat ditingkatkan dimasa mendatang.

ICRC atau yang lebih dikenal dengan Komite Internasional Palang Merah adalah organisasi kemanusiaan yang netral dan mandiri bermarkas di Jenewa, Swiss. Sesuai dengan Konvensi Jenewa 1949 dan Protokol Tambahan 1977 dan 2005, Komite Internasional Palang Merah diberi mandat untuk melindungi korban konflik bersenjata internasional dan non internasional termasuk didalamnya adalah korban luka dalam perang, tawanan, pengungsi, warga sipil dan non kombatan lainnya. ICRC mengatur dan mengkoordinir kegiatan bantuan kamanusiaan oleh seluruh perhimpunan nasional yang dilakukan di wilayah konflik. Di Indonesia, ICRC telah bekerja sama sejak tahun 1940-an dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Turut hadir dalam acara tersebut, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah, Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E., Kababinkum TNI Mayjen TNI Supriyatna, S.H., M.H. dan Staf khusus Panglima TNI Marsma TNI Prayitno.

 

Baca juga:  K. 61

Authentikasi :
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc.,M.Si.,M.A.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel