TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

TNI Harus Turut Serta Cegah Terorisme

By 17 Sep 2012 12:55Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Walaupun amanat Undang-Undang menetapkan Tugas Pokok TNI menegakan Kedaulatan dan Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI, namun Undang-undang juga mengamanatkan TNI berkewajiban melindungi segenap Bangsa Indonesia dari berbagai ancaman termasuk Aksi Terorisme dan Konflik Komunal yang ada.

Penegasan tersebut dikemukakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE. dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso saat menjadi inspektur upacara Bendera 17-an di Lapangan Dirgantara Ksatrian AAU Yogyakarta, Senin (17/9).

Panglima berpesan agar TNI harus mampu bertindak selaku Perekat Bangsa dan membantu menciptakan kondisi yang kondusif untuk mengembalikan jatidiri Bangsa Indonesa yang cinta damai dan sangat religius. “Kebengisan dan Kekejaman Aksi Terorisme maupun Konflik Komunal di dalam negeri, seolah-olah sudah menjadi bagian dari kehidupan bangsa indonesia yang dikenal sebagai bangsa santun dan ramah serta memiliki budaya bergotong-royong.” ujarnya.

Dalam hubungan keterkaitan TNI mencegah terorisme itu, Panglima berharap TNI mengaktifkan peran aparat teritorial TNI di daerah untuk mencegah aksi terorisme dan konflik Komunal di dalam Negeri. untuk itu panglima TNI memberikan beberapa atensi diantaranya agar menghidupkan kembali lima kemampuan teritorial yang didalamnya termasuk intelijen teritorial, sehingga aksi terorisme dan peristiwa di sampang tidak terulang dan tidak menular ke tempat lain.

Apel 17-an yang ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Sapta Marga dan Pembacaan Panca Prasetya KORPRI ini, diikuti oleh Pasis KIBI, Karbol dan seluruh Antap AAU mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, serta para pejabat List “A” AAU.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Harus Turut Serta Cegah Terorisme