Berita

TNI IKUTI LATIHAN COBRA GOLD

Dibaca: 16 Oleh 08 Feb 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

TNI kembali mengikuti latihan Cobra Gold ke-12 yang diselenggarakan di Thailand. Latihan yang dibuka Selasa (7/2) di Tiger home base Wing I Air Combat Command provinsi Korat tersebut, dibuka oleh Deputy Chief of Mission Amerika Judith Beth Cefkin. Cobra Gold merupakan latihan militer terbesar di dunia saat ini yang diikuti oleh tujuh negara partisipan yaitu Amerika, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura dan tuan rumah Thailand ditambah 10 negara peninjau. Sedangkan personel yang dilibatkan kurang lebih dari 11 ribu pasukan.

Dasar dibentuknya latihan ini adalah kerjasama bilateral antara Amerika dan Thailand yang telah dibangun lebih dari 178 tahun. Latihan ini kemudian berkembang menjadi model multinasional untuk menanggulangi bencana alam, krisis kesehatan publik, tantangan keamanan bersama dan hal-hal lain yang mendesak.

Pada latihan ini, TNI mengirimkan kurang lebih 60 personel yang dibagi atas Command Post Exercise (CPX), Field Training Exercise (FTX), Engineering Civic Action Programme (ENCAP), Medical Civic Action Programme (MEDCAP). Dari latihan ini diharapkan personel yang terlibat mendapatkan pengalaman, kemampuan kerjasama multinasional yang dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi. Negara-negara yang terlibat dalam Cobra Gold ini telah turut berpartisipasi saat tahun 2004 terjadi tsunami, pasukan perdamaian di Darfur dan operasi anti pembajakan di Somalia.

Baca juga:  OPEN HOUSE IDUL FITRI DI LANUD SOEWONDO

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel