Pustaka

TNI Latihan Perang ‘Cobra Gold’ Bareng Enam Negara

Dibaca: 13 Oleh 08 Feb 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Tentara Nasional Indonesia mengikuti latihan bersama dengan enam negara di Thailand dengan sandi “Cobra Gold” 2012, mulai 12 Januari hingga 19 Februari 2012, guna meningkatkan kemitraan dan profesionalisme prajurit.

Juru bicara TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul mengatakan, dalam latihan bersama tahunan yang digagas Komando Armada AS Asia Pasifik (US Pasific Command/ USPACOM) 2012, TNI mengirimkan 75 personelnya.

“TNI mengikuti dua materi latihan yakni bantuan kesehatan militer dan kemampuan kompi zeni. Fokus dari latihan bersama kali ini adalah meningkatkan kemitraan dan sinergitas antarsatuan dan antarmiliter tujuh negara yang tergabung dalam latihan itu,” ungkap Laksamana Muda Iskandar Sitompul, Senin (6/2).

Latihan bersama “Cobra Cold” ke-31 diikuti sekitar 10.000 ribu personel militer dari AS, Jepang, Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan Thailand. Latihan dilakukan dalam dua tahapan yakni geladi posko dan geladi lapang.

Menurut data Departemen Pertahanan AS, latihan bersama kali ini juga memasukan materi simulasi komando yang menggunakan komputer, selama latihan dan sesudah latihan. Latihan juga difokuskan pula pada simulasi peningkatan operasi perdamaian PBB, dan bantuan kemanusiaan.

Baca juga:  TNI AU Perbanyak Penerbang Tempur

Dalam materi latihan bantuan kesehatan dan kemanusiaan Indonesia akan bergabung dengan militer Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Jepang.

Secara umum, latihan bersama “Cobra Gold” bertujuan meningkatkan kerja sama keamanan sebagai poin utama dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian kawasan Asia Pasifik.

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/tni-latihan-perang-cobra-gold-bareng-enam-negara-103713299.html

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel